Gelar Rapat Koordinasi Kota Sehat Mahyeldi: 2013, Raih Swasti Saba Wistara Kembali

Padang, Trans – Partisipasi Kota Padang dalam lomba Kota Sehat telah dimulai sejak tahun 2003. Pada tahun tersebut Kota Padang meraih Swasti Saba Padapa (klasifikasi pemantapan), yakni penghargaan yang diberikan kepada Kota Sehat untuk tiga tatanan, yaitu; kawasan pemukiman sarana dan prasarana sehat, kawasan pariwisata sehat, dan kehidupan kawasan yang sehat dan mandiri.

Hal dimukakan Wakil Walikota Mahyeldi Ansharullah SP saat memimpin rapat koordinasi Kota Sehat tahun 2012, yang diikuti SKPD Kota Padang, Lurah dan Camat se-Kota Padang, Forum Kota Sehat Kota Padang, Forum Kecamatan dan Pokja Kelurahan Sehat se-Kota Padang di Palanta kediaman Walikota, Rabu 7 Juni 2012.

Tahun 2005, Kota Padang meraih Swasti Saba Wiwerda (klasifikasi pembinaan), yakni penghargaan yang diberikan Kota Sehat untuk lima tatanan. Dan, penghargaan paling tinggi yang diraih Kota Padang dan juga merupakan penghargaan tertinggi Kota Sehat adalah Swasti SabaWistara (klasifikasi pengembangan) pada tahun 2007 untuk tujuh tatanan.

Di tahun 2011, prestasi Kota Padang menurun dan hanya meraih Swasti Saba Wiwerda atas empat tatanan yang diraih yaitu; kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum, kawasan pariwisata sehat, kawasan pangan dan gizi, serta kehidupan masyarakat sehat yang mandiri.

Pembangunan kesehatan merupakan suatu investasi untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam mendukung percepatan pembangunan manusia berdasarkan perikemanusian, pemberdayaan dan kemandirian, adil dan merata.

“Untuk penilaian Kota Sehat 2013 Kota Padang telah menyampaikan pernyataan untuk kepesertaan dalam lomba Kota Sehat 2013, dan akan dilakukan pembinaan dan seleksi oleh Tim Pembina Kabupaten/Kota Sehat Propinsi untuk diusulkan menjadi calon yang akan diikutkan dalam penilaian Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Nasional 2013,” ujar Mahyeldi.

Dijelaskan, Kota Padang mengajukan delapan tatanan untuk meraih kembali penghargaan tertinggi bidang Kota Sehat yaitu Swasti Saba Wistara. Tatanan tersebut adalah; kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum, kawasan pertambangan sehat, kawasan hutan sehat, kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan pariwisata sehat, kawasan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, dan kehidupan sosial yang sehat.

“Diharapkan melalui rapat koordinasi ini dapat kita diskusikan segala sesuatunya yang terkait dengan persiapan kita kembali meraih prestasi tertinggi dalam lomba Kota Sehat. Untuk itu kita perlu meningkatkan koordinasi hingga tingkat kecamatan dan kelurahan dibawah binaan masing-masing SKPD terkait dengan tidak lupa melibatkan peran serta masyarakat,” himbau Mahyeldi. | Amir Husin Koto

FacebookTwitterGoogle+Share

Leave a Reply

ADVERTISEMENT

IndoNIC.net - Web Hosting Murah (cPanel), Gratis Domain
Log in