Gunung Krakatau Semburkan Api Setinggi 75 Meter

Pasauran, Koran Transaksi.com – Aktivitas Gungung Anak Krakatau (GAK) yang berada di perairan Selat Sunda, atau sekitar 41 kilometer dari bibir Pantai Pasauran Cinangka, menunjukkan peningkatan. Bahkan, hingga mengeluarkan sinar api setinggi 75 meter.

Namun demikian, Pusat Vulkanalogi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) Bandung, Jawa Barat, masih menetapkan status Gunung Anak Krakatau yang berada diantara Pulau Sertung, Pulau Rakata Besar, dan Pulau Rakata Kecil,  berada pada level II atau “Waspada”.

“Sinar api yang keluar dari kawah Gunung Anak Krakatau, ketinggiannya mencapai 75 meter, dan sangat jelas terlihat dari pos Pemantau GAK,”ujar Kepala Pos pemantau GAK di Desa Pasauran, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Anton S Pambudi, Minggu (26/12).

Demikian juga dengan total kegempaan GAK, mengalami peningkatan.”Kegempaan GAK, saat ini juga mengalami peningkatan. Sebelumnya hanya 812 kali, namun saat ini  865 kali,”ujar Anton.

Adapun data kegempaan GAK sebanyak 865 kali, yakni untuk vulkanik dalam (VA) 12 kali, vulkanik dangkal (VB) 186 kali, letusan 253 kali, tremor letusan 100 kali, tremor harmonik sembilan kali, hembusan 304 kali, dan tektonik jauh sebanyak satu kali.

“Kami bisa melihat jelas asap yang dikeluarkan GAK, dan mendengarkan serta merasakan dentuman GAK dari Pos Pemantau GAK di Desa Pasauran, Cinangka, Kabupaten Serang,”katanya.

Menurut Anton, meski kegempaan GAK terus mengalami peningkatan, namun Pusat Vulkanalogi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG), masih menetapkan status level gunung tersebut pada level II atau ‘waspada’.

“Kami tidak menaikkan status GAK menjadi level III atau ‘siaga’, tetapi masih tetap di level II atau ‘waspada’,”ujar Anton.

Hingga hari ini, Minggu (26/12), Pusat VMBG Bandung, Jawa Barat, menurut Anton, masih melarang turis, nelayan, dan warga untuk mendekat sampai radius dua kilometer dari titik kegempaaan.

“Kami masih melarang siapapun mendekat ke lokasi kegempaaan sampai radius dua kilo meter,”katanya. | Yus

Leave a Reply

ADVERTISEMENT

IndoNIC.net - Web Hosting Murah (cPanel), Gratis Domain
Log in