Menanti Indonesia Raya Berkumandang Di London

Olimpiade London 2012, yang mengambil tema ’’Inspire a Generation’’ itu akan menjadi ajang pertarungan 200 negara dalam 26 cabang pertandingan. Selama 17 hari, dari 27 Juli sampai 12 Agustus 2012, mata publik dunia akan tersita di London Inggris dalam pergelaran akbar empat tahunan itu.

Indonesia sendiri memberangkatkan kontingen terdiri atas 8 cabang olahraga yaitu bulutangkis, renang, menembak, panahan, hangar, angkat besi, atletik, dan judo.

“Tapi, mampukah Garuda menunjukkan kedigdayaannya di mata dunia?” tanya Dulloh, seraya membayangkan putra-putri bangsa Indonesia tersebut mengenakan emblem garuda di samping bendera Merah Putih, untuk mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

“Yang pasti semua berharap begitu, termasuk Menpora Andi Alifian Mallarangeng sudah menyampaikan harapan dan doanya, mewakili masyarakat Indonesia. Atlet yang nantinya berlaga diharapkan menjaga tradisi medali emas seperti generasi-generasi sebelumnya,” jawab Kakung bersemangat.

Namun, Kakung pun masih ragu, mengingat prestasi atlet Indonesia beberapa tahun belakangan ini sangat mengecewakan, termasuk di cabang bulu tangkis.

“Berbicara mengenai kualitas atlet, Indonesia boleh berbangga memiliki sistem pemusatan latihan dan dukungan dari pemerintah pusat,” ujar Bang Trans, coba menghibur Dulloh yang terlihat pesimistis.

“Ya, keberhasilan di London 2012 akan membawa publik Indonesia kembali percaya kepada kemampuannya; bahwa di balik problematika negeri ini masih ada bentuk patriotisme dalam jiwa anak bangsa,” sambung Kakung.

“Merah Putih bukannya tanpa harapan di tanah Inggris. Dengan janji uang pembinaan yang cukup besar jika dapat menggondol pulang medali emas, sudah pasti atlet nasional Indonesia memberikan yang terbaik untuk dapat mengharumkan nama bangsa,” sambut Bang Trans.

Terlepas dari harapan itu, ada beberapa hal menarik yang patut dikedepankan, seperti ritual pembawaan Obor Olimpiade London 2012 yang akan diarak oleh sekurang-kurangnya 8.000 pembawa obor selama 70 hari, menempuh jarak 12.800 kilometer.

Selain itu, beberapa artis internasional dipastikan datang memeriahkan pembukaan, seperti Elton John dan band asal Inggris pengisi official soundtrack, Muse. Pihak marketing tak lupa memberi ruang bagi dunia film Britannia, seperti ketika memberi ruang untuk screening Skyfall, installment film James Bond yang diperankan Daniel Craig.

Dengan dana yang diestimasi 14,8 miliar dolar AS, ini menjadikan Olimpiade London termahal sejauh ini dari yang ada. Alokasi dana ekstra tersebut menjadi perhatian Uni Eropa, apalagi bahwa 64% dari total dana atau sekitar 9,5 miliar dolar AS berasal pemerintah pusat. Di tengah krisis ekonomi yang melanda Eropa, pengeluaran jor-joran seperti ini menjadi sebuah ironi.

Angka pengangguran yang terus melonjak dan nilai tukar Euro yang cenderung tidak stabil menyebabkan beberapa pandangan apatis bahwa Olimpiade London 2012 dapat membawa angin segar terhadap situasi pelik ini.

Realitasnya, kegiatan ini menyerap sekitar 12.000 pekerja baru dalam proses pematangannya; sebut saja dalam pembangunan olympic park. Dengan demikian, harapan terbukanya lapangan pekerjaan untuk mengurangi pengangguran di Inggris pun tumbuh.

“Tapi, bagi saya, motivasi terbesar datang dari kebanggaan saat ’’Indonesia Raya’’ dikumandangkan di negeri orang,” ujar Dulloh berharap.

“Ya, rakyat Indonesia memang menantikan kebanggaan itu,” tandas Kakung sambil melirik Bang Trans yang menganggukkan kepala. | Ali Rahmat Siregar

FacebookTwitterGoogle+Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>