Harga Beras Mulai Merangkak Naik Jelang Puasa

Jakarta, Trans — Harga beras perlahan naik menjelang bulan puasa dengan mencatat kenaikan 0,49% dibanding harga rata-rata Juni sebesar Rp7.916 per kg.

Harga rata-rata beras sejak 1-5 Juli tercatat Rp7.955 per kg. Bahkan, pada 5 Juli mencapai Rp7.996 per kg, padahal harga bahan pokok itu pada awal Juni masih di kisaran Rp7.800 per kg.

Pergerakan harga karena sentimen pasar menjelang Ramadhan itu setidaknya tercermin dari stok rata-rata bulanan Juli (sampai dengan 4 Juli) di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) yang hanya 14.641 ton atau turun 2,17% dari stok rata-rata beras Juni.

Padahal, pasokan beras ke PIBC pada awal Juli justru mencapai 2.275 ton per hari atau naik 26,12% dibanding rata-rata pasokan pada Juni. Di sisi lain, pengeluaran rata-rata beras ke pasar wilayah DKI Jakarta, Jabar dan antar pulau pada awal Juli 2.323 ton atau turun 8,63%.

Meskipun demikian, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Gunaryo mengatakan harga beras saat ini relatif stabil karena kenaikannya di bawah 1%.

Pihaknya juga tidak mengkhawatirkan kenaikan akan berlanjut pada waktu mendatang karena masih ada beberapa daerah yang masih panen.

“Kita punya harapan agak lebih mantap karena saat ini pengadaan Bulog dari dalam negeri relatif terbesar kedua dari 2009. Pengadaan (hingga pertengahan) 2009 sebanyak 2,8 juta ton, (pertengahan) tahun ini sudah sentuh 2,34 juta ton,” katanya, Jumat (6/7).

Meskipun demikian, pihaknya akan segera meminta Bulog menggelar operasi pasar jika harga beras menunjukkan kenaikan laten menuju 10%, terutama untuk wilayah DKI Jakarta.

Bulog beberapa waktu lalu meminta kepastian kepada pemerintah mengenai perlu atau tidak melakukan operasi pasar menjelang Ramadhan. “Minggu depan akan kami tentukan,” kata Gunaryo. | Sw

 

FacebookTwitterGoogle+Share

Leave a Reply

ADVERTISEMENT

IndoNIC.net - Web Hosting Murah (cPanel), Gratis Domain
Log in