One Way Jalan Cipaganti & Sukajadi Akan Dipatenkan Tiap Hari

Bandung, Trans - Polisi berencana mematenkan arus lalu lintas di Jalan Cipaganti dan Jalan Sukajadi menjadi satu jalur atau one way setiap hari. Setelah melihat uji coba one way di dua lokasi tersebut, polisi mengklaim dampaknya ampuh mengurai kemacetan di Kota Bandung.

Hal tersebut diungkapkan Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Bimo Anggoro Seno saat memantau uji coba rekayasa one way yang bertepatan long weekend di Jalan Sukajadi, Kota Bandung, Sabtu (7/4).

“Kami rencanakan one way di Jalan Sukajadi dan Jalan Cipaganti ini di berlakukan setiap hari. Jadi tidak akhir pekan saja, kalau dilakukan setiap akhir pekan malah membuat bingung pengendara,” jelas Bimo.

Menurut Bimo, mematenkan one way di dua ruas jalan tersebut merupakan solusi mengatasi kemacetan di Kota Bandung. Apalagi dua jalan itu menjadi ruas utama dari Kota Bandung menuju kawasan wisata Lembang, serta sebaliknya. Setiap akhir pekan, kata Bimo, kedua jalan tersebut memang padat dilintasi kendaraan roda dua dan empat.

“Tadi uji coba one way dilakukan selama satu setengah jam. Ternyata ada perubahan signifikan. Arus lalu lintas menjadi lancar,” terang Bimo didampingi Kasatlantas Polrestabes Bandung AKBP Hari Santoso.

Namun begitu, uji coba yang dilakukan sejak pukul 12.30 WIB hingga pukul 14.00 WIB, memang belum sempurna. Banyak pengendara yang masih kebingungan dengan pola one way di Jalan Sukajadi dan Jalan Cipaganti. Biasanya, di sepanjang ruas jalan itu berlaku dua arah buat kendaraan pribadi serta angkutan umum.

Siang tadi, kendaraan dari arah Jalan Djundjunan (Pasteur)-Jalan Hos Tjokroaminoto (Pasirkaliki) melintasi Jalan Sukajadi dibuat satu arah menuju atas atau Jalan Setiabudhi mengarah ke Lembang. Sedangkan mobil dan sepeda motor pribadi dari arah sebaliknya dilarang lewat, kecuali angkutan transportasi umum seperti angkot dan bus. Kendaraan pribadi itu diarahkan ke Jalan Cipaganti.

One way di Jalan Cipaganti diberlakukan dari arah atas menuju bawah atau tepatnya ke Jalan Pasteur-Jembatan Layang Pasupati. Jadi kendaraan dari arah Jalan Setiabudhi tak perlu lagi melewati Jalan Cihampelas guna menuju pusat Kota Bandung. Sedangkan kendaraan pribadi yang biasanya melintas dari bawah tidak boleh melintas Jalan Cipaganti mengarah ke Jalan Setiabudhi, kecuali angkot, dan bus. Kendaraan dari bawah Jalan Cipaganti diarahkan ke Jalan Sukajadi yang nanti menembus Jalan Setiabudhi dan Lembang. “Jadi one way ini tidak mengganggu angkutan umum yang melintas di dua jalan tersebut,” tutup Bimo. | Arso

FacebookTwitterGoogle+Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>