Penyidik Belum Tahan Tersangka Dugaan Korupsi Bansos Puting-Beliung

Pandeglang, Trans – Tim penyidik Polres Pandeglang, hingga pekan kemarin belum melakukan upaya penahanan terhadap Kepala Kecamatan (Camat) Sobang, Ac dan Kepala Desa (Kades) Pangkalan, Su tersangka kasus dugaan korupsi dana bantuan sosial (Bansos) puting beliung di Kecamatan Sobang tahun 2012 senilai Rp 109 juta.

Alasannya, penyidik masih melengkapi berkas, yang masih dinyatakan belum lengkap. “Belum, tersangka belum kami tahan. Saat ini pun berkas perkaranya masih belum lengkap atau P21, dan kami masih berupaya melengkapi,” ujar Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasatreskrim) Polres Pandeglang, AKP Gatot Satmoko.

Menurut AKP Gatot, ke dua tersangka belum ditahan, karena beberapa pertimbangan. Dimana, selain memang berkas perkaranya belum lengkap, berdasarkan pertimbangan penyidik tersangka dinilai tidak akan melarikan diri maupun menghilangkan barang bukti.“Pokoknya tersangka belum waktunya kami tahan,” ujarnya.

Dikatakan, pihaknya juga sejauh ini terus melakukan pendalaman atas kasus itu, dengan melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi. Tidak terkecuali ke dua tersangka, pihaknya pun kemungkinan akan kembali memanggilnya tergantung dari kebutuhan kelengkapan berkas nanti.

“Bila dibutuhkan, pemeriksaan terhadap saksi maupun tersangka masih akan kami lakukan,” katanya.

Sebelumnya, tim penyidik menetapkan Camat Sobang, Ac dan Kades Pangkalan, Su sebagai tersangka kasus dugaan korupsi penyelewengan dana bantuan sosial (Bansos) puting beliung di Kecamatan Sobang tahun 2012 senilai Rp 109 juta. Penetapan ke dua tersangka dilakukan, menyusul, telah telah terpenuhinya

Dua alat bukti. Berdasarkan dua alat bukti itu, ke dua tersangka diduga kuat telah melakukan perbuatan melawan hukum, melakukan pemotongan dana bansos yang seharusnya diterima utuh oleh warga penerima bantuan, sehingga berdasarkan hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP), kerugian Negara dalam kasus ini diperkirakan sebesar Rp 109 juta, dari realisasi Bansos di Kecamatan Sobang sebesar Rp 300 juta.

Pasal yang disangkakan kepada ke dua tersangka, yakni Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, dengan ancaman maksimal kurungan penjara seumur hidup.

Sekedar diketahui, tahun 2012 beberapa kecamatan di Kabupaten Pandeglang yang terkena bencana alam puting beliung, termasuk Kecamatan Sobang menerima dana bansos bencana dari pemerintah melalui Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB) senilai ratusan juta rupiah.

Nilai besaran dana yang diterima warga berpariatif disesuaikan dengan tingkat kerusakan rumah warga yang tertimpa bencana. Akan tetapi, di Kecamatan Sobang realisasi pemberian dana kepada penerima korban bencana, disalurkan sesuai dengan ketentuan semestinya atau di tidak utuh. | Yus/Guntur

FacebookTwitterGoogle+Share

Leave a Reply

ADVERTISEMENT

IndoNIC.net - Web Hosting Murah (cPanel), Gratis Domain
Log in