Pelaku Penembak Polisi di Palu Anggota JAT Poso

Jakarta, Koran Transaksi – Mabes Polri memastikan bahwa keempat pelaku penembak polisi di Palu merupakan anggota Jamaah Ansharut Tauhid (JAT) wilayah Poso.

“Semuanya mereka anggota JAT yang beroperasi di wilayah Poso Sulawesi Tengah,” ujar Kabag Penum Humas Polri Kombes Pol Boy Rafli Amar di mabes Polri, Jakarta, Minggu (5/6). Jaringan ini memang termasuk anak bawang di keluarga besar JAT.

Namun mereka, lanjut Boy, memiliki koneksi dengan JAT wilayah Solo. “Patut diduga ya,” imbuhnya. Kelompok ini, kata BOy, dibentuk dan dilatih oleh Abu Tholut alias Mustafa, sebelum salah satu teroris nomor wahid di Indonesia itu ditangkap Densus 88 di Aceh.

Jaringan ini masih melakukan pelatihan militer di berbagai daerah dengan sistem sel-sel yang diikuti oleh sedikit peserta dan waktu yang singkat, namun sangat efektif. Mereka juga berencana memindahkan pelatihan militer di Aceh ke wilayah Poso sebagai basis mereka. | SN

 

FacebookTwitterGoogle+Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>