350 Orang Guru TK, PAUD Se-Kabupaten Agam di Latih Kreatif

Agam, Trans – Pemerintah Kabupaten Agam melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga melatih 350 orang Para Guru Taman Kanak-kanak (TK), PAUD, Tempat Penitipan Anak (TPA), Kelompok Bermain (KB), Pengelola PAUD se-Kabupaten Agam mengikuti Worshop Nasional Menuju Indonesia Cerdas di GOR Rang Agam Padang Baru Lubuk Basung, Selasa (16/10).

Acara dibuka oleh Yunaidi, S.Pd, M.Pd Kepala Bidang Pendidikan Non Formal mewakili Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam, tampil sebagai Nara Sumber 2 orang dari Rumah Kreatif Patra Jaya Bandung Wafdi Dahlan yang memberikan materi melukis praktis dengan jari atau Finger Painting serta pengembangannya dan Kusumo Suryoharjuno yang memberikan materi Penyemangat Belajar atau Ice Breaker.

Yunaidi menyampaikan, Seorang pendidik PAUD harus kreatif dan penuh inovatif, melalui kegiatan finger painting yaitu melukis dengan jari akan menambah semangat anak usia dini dalam meuju Indonesia cerdas, kegiatan yang diangkat oleh IGTK (Ikatan Guru Taman Kanak-kanak) Kabupaten Agam.

Yunaidi juga menyembutkan perkembangan PAUD di Agam dimana satu jorong satu PAUD, dengan Angka Partisipasi Kasar (APK) PAUD 64 prosen, yang sebelumnya berada di posisi merah, peningkatan lembaga PAUD di Agam sangat pesat, dimana dari 53 lembaga, sekarang sudah tercatat 189 lembaga PAUD nonformal, diluar taman kanak-kanak dan raudhatul athfal yaitu 247 lembaga.

Yunidi berharap selama workhops finger painting dapat diikuti dengan sebaik-baiknya, dan dapat membagi dengan pendidik dan pengelola PAUD yang lainnya di daerah masing-masing termasuk kepada anak didik dilembaga PAUD masing-masing serta lakukan kerjasama dengan pengurus Gugus PAUD, Bunda PAUD Kecamatan dan Nagari tidak lupa pula mengkoordinasikan dengan Bunda PAUD Kabupaten serta mitra kerja Dinas Pendidikan.

Sebelum itu Witri Azizah, S.Pd selaku Ketua Panitia menyampaikan laporannya mengatakan bahwa jumlah peserta 350 orang berasal dari kecamatan kerjasama dengan IGTK dan Himpaudi serta Bunda PAUD Kecamatan dan kegiatan ini akan dikembangkan dengan berbagai bentuk kegiatan yang sifatnya mengembangkan kreatifitas pendidik itu sendiri. | SH/Uci

FacebookTwitterGoogle+Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>