BPN Kab Tasikmalaya Terus Tingkatkan Layanan

Tasikmalaya, Trans - Kantor Badan Pertanahan (BPN) Kab Tasikmalaya terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, baik pelayanan regular (biasa) maupun layanan yang sifatnya strategis seperti  sertifikat Prona dan Larasita.

Namun demikian khsus layanan sertifikat melalui program Larasita kerap ditemui sedikit kendala lapangan, sehingga hasilnya belum sesuai denngan yang diharapkan. Kasi Sengketa, Konflik dan Perkara BPN Kab Tasikmalaya, H Sobari, SH MSi, saat berbincang dengan Koran Transaksi di ruang kerjanya, belum lama ini, membenarkan sering adanya kendala dalam program Larasita.

Menurut dia, kendala yang ditemui dalam program Larasita di antaranya seringkali tidak konek antara perangkat yang ada di mobil Larasita dengan Kantor BPN di Kota Tasikmalaya. Hal ini, kata Sobari, akibat lokasi garapan program Larasita kebanyakan pada desa-desa yang jauh dan berada di wilayah-wilayah pegunungan.

Selain itu, seringkali pula alpanya kesiapan warga terutama dalam mempersiapkan persyaratan (bukti kepemilikan) tanah. Termasuk biaya administrasi di tingkat desa/kecamatan yang juga kerap menghambat.  “Akibatnya, sering kita datang namun ternyata mereka belum siap. Padahal sebelumnya kita sudah melakukan penyuluhan,” kata sobari.

“Sebenarnya mereka antusias dengan program Latasita ini. Tapi, yaitu menyangkut biaya tadi. Karena pada dasarnya Larasita berbeda dengan Prona. Kalau Larasita tetap dikenakan biaya, hanya saja kita mobile office. Sementara Prona bebas biaya (gratis), sehingga mereka lebih mengharap Prona karena bebas biaya sama sekali,” terang Sobari.

Dikatakan Sobari, program Larasita di Kab Tasikmalaya di plot pada 15 kecamatan dari 39 kecamatan yang ada. Kecamatan dimaksud di antaranya kecamatan Ciawi, Cisayong, Pagerhageung, Cipatujah, Cikalong dan kecamatan Wangunreja.

Sementara target sertifikat melalui program strategis baik Proma maupun Redistribusi pada tahun 2012 masing-masing sebanyak 3.000 dan 3.600 bidang. Atau dibagi rata per desa 100 bidang untuk 30 desa. | Arso/Iwan

FacebookTwitterGoogle+Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>