Bupati Agam Resmikan MTQ Nasional Tingkat Kabupaten Agam Ke-35

Agam, Trans – Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional tingkat Kabupaten Agam ke – 35, resmi dibuka secara langsung oleh Bupati Agam, Indra Catri  Dt. Malako Nan Putiah mewakili Gubernur Sumbar, bertempat di halaman  Kantor Camat Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam Sumatera Barat, Kamis(12/7).

Lomba MTQ Nasional tingkat Kabupaten Agam, yang dilaksanakan juga melounching atau canangkan gerakan “One Day One Ayat” pada MTQ Ke 35, berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 13 – 15 Juli 2012, seluruh peserta berasal dari 16 Kecamatan di Kabupaten Agam.

Dalam sambutan Gubernur Sumatera Barat yang dibacakan Bupati Agam Indra Catri  menyampaikan, terimakasih dan kebanggaannya terhadap partisipasi semua elemen dan panitia pelaksana yang ikut serta berperan dalam menyelenggarakan kegiatan lomba MTQ tersebut agar dapat berjalan dengan sukses.

Pasalnya, dengan berlangsungnya lomba itu merupakan moment yang sangat tepat karna sesuai dengan Visi dan Misi Kabupaten Agam, yaitu mewujudkan Kabupaten Agam yang Agamis, Lestari Adil Mandiri dan Indah (Alami) dalam rangka memperkokoh landasan mencapai Agam yang Mandiri, Berprestasi yang Madani.

Sedangkan momentum MTQ Nasional tingkat Kabupaten Agam ini, tambah bupati menyampaikan, “dapat menambah kecintaan terhadap nilai – nilai Al Qur’an dan semarakan MTQ di Sumatera Barat, agar dapat terus berlanjut yang mana memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat khususnya Kabupaten Agam,” katanya.

Selain itu, sebuah Komitmen dalam pencanangan Gerakan “One Day One Ayat”,  dimana sedikit demi sedikit lama – lama menjadi bukit yaitu suatu program yang mengajak semua warga Agam untuk menghafal ayat-ayat Al Qur’an seayat demi se ayat dengan cara atau metode Satu Hari Satu Ayat.

Pada kesempatan itu, bupati mengharapkan kepada panitia, dalam pelaksanaan MTQ tersebut, saling bahu membahu dan partisipasi serta bertanggungjawab agar pelaksanaan dapat berjalan dengan sukses, lancar dan lebih baik lagi.

Sementara itu, dalam sambutan Sekretaris Daerah Kabupaten Agam Syafirman SH selaku Ketua LPTQ Kabupaten Agam, menyampaikan, wujudkan cinta terhadap tauladan Al Quran, berharap, Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional tingkat Kabupaten Agam ke – 35 dapat berjalan lancar dan sukses dimana kegiatan ini juga memperkokoh hubungan silahturrahmi antar sesama.

Dimana, kegiatan ini juga momentum untuk mempersiapkan peserta terbaik di tingkat kabupaten Agam untuk mengikutinya terus pada tingkat Sumatera Barat terkait prestasi yang kita raih.

Di sisi lain, Ketua (MTQ) Nasional tingkat Kabupaten Agam ke – 35, Drs. Surya Wendri Camat Canduang menyampaikan, MTQ ke 35 sebagai ajang menciptakan generasi qur’ani semata, melainkan juga dimanfaatkan sebagai wadah untuk lounching atau pencanangan Gerakan “One Day One Ayat”. yang merupakan program Pemerintah Kabupaten Agam.

Selain itu, pihaknya selama ini telah melakukan persiapan MTQ tersebut, yang bekerjasama dengan berbagai elemen baik dari Pemkab Agam maupun masyarakat, tambah camat dalam laporannya mengatakan, MTQ Nasional  tingkat kabupaten Agam itu diikuti qori dan qori’ah dari 16 Kecamatan di kabupaten Agam, dan berharap semoga kegiatan yang dilaksanakan nanti dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Sebelum Acara Peresmian MTQ berakhir, dilaksanakan pemukulan bedug tanda MTQ diresmikan dan di ikuti pelantikan dewan hakim MTQ oleh bupati Agam Indra Catri yang disaksikan oleh ribuan masyarakat Canduang dan undangan serta perantau yang turut hadir.

Selanjutnya ikuti pagelaran berbagai atraksi kesenian rakyat oleh SMK Taruna Pekanbaru menambah meriahnya suasana pembukaan tersebut.

 

Berbagai Atraksi

Dari pantau Koran Transaksi acara pembukaan MTQ Nasional tingkat Kabupaten Agam ke – 35, Kamis(12/7), dimeriahkan penampilan Marching Band SMK Taruna Kota Pekan Baru. Selain itu diadakan atraksi dari Drum Band SMA Canduang, Tambua Tansa yang ditampilkan oleh anak nagari canduang juga atraksi mengenang kisah nabi.

Masyarakat Caduang sangat antusias mengikuti acara pembukaan yang dihadiri oleh, Bupati Agam, Kepala SKPD se-Kabupaten Agam, para kafilah dari 16 Kecamatan di Kabupaten Agam, Muspida Plus.

Di akhir acara dikibarkan bendera MTQ oleh Pasukan Paskibra Kecamatan Canduang tanda dimulainya MTQ ke-35. | SH/Uci

FacebookTwitterGoogle+Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>