120×600 [tma]
120×600 [tma]

Dewan Minta Pemkab Blitar Tak Terlantarkan Aset Daerah

Blitar, Trans - Sehubungan dengan akan dimulainya perpindahan pusat pemerintahan Kabupaten Blitar ke Kecamatan Kanigoro awal tahun 2013 mendatang, wakil rakyat yang ada di DPRD Kabupaten Blitar meminta kepada Bupati Blitar  untuk mendata/menginvestarisir seluruh aset milik Pemerintah Kabupaten Blitar yang ditinggalkan.

Sebagaimana dikemukakan oleh H Panoto SH, anggota Komisi I DPRD Kabupaten Blitar, bahwa aset-aset seperti gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar, dan Pendopo Bupati yang akan ditinggalkan hendaknya dimanfaatkan dengan baik. Utamanya, untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bliatar secara luas.

“Jangan sampai asset yang mempunyai nilai sejarah tinggi ini nanti  di sia-sia atau mangkrak atau tidak terawat, apa lagi sampai berpindah tangan kepada orang lain. Kami menginginkan setelah pusat pemerintahan Kabupaten Blitar sudah berada di wilayah Kanigoro pada awal 2013 mendatang, aset gedung dewan ini dapat dimanfaatkan sebagai pusat perbelanjaan dengan harapan dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Blitar,” ujarnya.

Menurut H Panoto, asset-aset milik Kabupaten Blitar seperti pendopo maupun gedung DPRD Kabupaten Blitar dan kantor kantor lain yang saat ini masih ditempati di wilayah Pemerintah Kota Blitar mempunyai nilai sejarah yang sangat tinggi. Karena itu,  Pemerintah Kabupaten Blitar harus memaksimalkan pemanfaatan aset tersebut.

”Aset ini bernilai sangat tinggi maka pemanfaatannya harus benar-benar optimal,” kata Politisi yang dari Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut.

Menanggapi permintaaan wakil rakyat dari anggota komisi 1 DPRD Kabupaten Blitar tersebut, Wakil Bupati Blitar Drs H Rijanto MM mengatakan, Pemerintah Kabupaten Blitar telah memikirkan pemanfaatan aset yang akan ditinggalkan untuk menuju ke lokasi pusat pemerintahan yang baru di wilayah Kanigoro.

Dia juga setuju bahwa aset pendopo ataupun gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Blitar merupakan aset yang mempunyai nilai sejarah bagi masyarakat Kabupaten Blitar, sehingga Pemerintah Kabupaten Blitar harus benar-benar selektif dalam memanfaatkan aset tersebut.

“Jangan sampai asset bernilai sejarah itu digunakan untuk hal-hal yang dapat menurunkan kewibawaan pemerintah, termasuk soal rencana pendirian pusat perbelanjaan yang dianggap kurang efektif, karena  di Kota Blitar sudah banyak lokasi perbelanjaan,” kata Wakil Bupati Blitar.

Seperti diketahui bahwa pusat ibu kota Pemerintahan Kabupaten Blitar yang saat ini berada di wilayah Pemerintahan Kota Blitar akan berpindah ke wilayah Kabupaten Blitar, tepatnya berada di wilayah Kecamatan Kanigoro.

Untuk mengawali perpindahan pusat Pemerintahan Kabupaten Blitar tersebut, pada awal tahun 2013 mendatang, menurut rencana para wakil rakyat yang ada di gedung DPRD Kabupaten Blitar,  yang berada di jalan Jendral A.Yani, Kota Blitar, akan berpindah untuk menempati gedung yang baru  yakni di wilayah Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. | Fauzy

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *