Dinas Bina Marga Disinyalir Bermain Dengan Pemborong

Kabid Wasdal jangan hanya berpangku tangan terhadap kecurangan-kecurangan yang dilakukan pemborong.

 

Bekasi, Trans – Oknum-oknum dari Dinas Bina Marga Kabupaten Bekasi disinyalir masih melakukan persekongkolan buruk dengan pemborong. Hal itu bisa dibuktikan dari cara pemborong proyek-proyek jalan utama yang ada di Kp. Bugel Salam, Desa Sertajaya, Kecamatan Cikarang Timur.

Dari pantauan Koran Transaksi, pengerjaan proyek jalan tersebut sarat dengan kecurangan pemborong. Misalnya, jarak besi dowel yang sudah ditentukan di dalam RAB yang seharusnya 5 cm malah di buat 15 cm. Bahkan, besi tibar yang posisinya seharusnya dipasang di tengah-tengah jalan tidak dipasang. Padahal, fungsinya untuk memperkuat stuktur jalan tersebut dari keretakan dan pergeseran jalan.

Dalam masalah itu, pemborong telah melanggar atau tidak melaksanakan proyek sesuai dengan RAB. Karena itu, diberi sanksi tegas, agar kecurangan- kecurangan serupa tidak terulang kembali.

“Kalau bisa, dilakukan pengeboran untuk menguji ketinggian jalan tersebut, dan kalau ternyata tidak tercapai ketinggian yang sudah ditetapkan di dalam RAB, dipotong saja biaya pengerjaannya sesuai ketinggian yang dicapai” ujar warga setempat.

Namun, warga tampaknya tidak yakin kalau pejabat terkait akan melakukan pemotongan tersebut. Mereka justru mencurigai bahwa oknum-oknum Dinas Bina Marga malah kong-kalikong dengan pemborong.

Masyarakat berharap kepada H Jamal selaku Kepala Dinas Bina Marga agar tegas menindak pemborong-pemborong yang tidak mengerjakan proyek sesuai kententuan dalam RAB. “H Magtub selaku Kabid Wasdal juga jangan hanya berpangku tangan terhadap kecurangan-kecurangan yang dilakukan pemborong,” ujar warga. | Andri/Nunu

FacebookTwitterGoogle+Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>