DR Ir Drs HM Guntoro, MM Selalu Sibuk Setiap Musim Mudik Lebaran

DR Ir Drs HM Guntoro, MM

Bandung, Trans - Kalau dicari siapa pejabat tersibuk setiap musim lebaran. Nama DR Ir Drs HM Guntoro, MM tentu akan menjadi salah satunya. Betapa tidak! Sebagai Kepala Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat, ia termasuk orang yang paling bertanggungjawab terhadap kelancaran arus mudik dan balik musim lebaran tahun ini.

Sebagai orang nomor satu di Dinas Bina Marga Jabar, ia berkewajiban untuk mewujudkan jalan dan jembatan di ruas provinsi di semua wilayah Jawa Barat, agar dapat dilalui para pemudik dengan lancar, aman dan nyaman. Oleh karena itulah, Guntoro sekarang menjadi pejabat yang super sibuk.

Ia sekarang selalu berkeliling wilayah Jawa Barat untuk memastikan ruas jalan dan jembatan dalam kondisi mantap. Maka tak heran kalau akhir-akhir ini, terutama beberapa hari masuk bulan Ramadan, pejabat yang dikenal energik dan ber-etos kerja tinggi ini jarang berada di kantornya di kawasan Jalan Asia Afrika, Bandung.

Sejak menjabat Kadis Bina Marga jabar awal tahun 210 lalu, Guntoro memang dikenal sebagai pejabat energik yang visionir. Pada saat itu, bersamaan dengan pengembangan Balai Pengelolaan Jalan (BPJ) Wilayah Pelayanan dari empat balai menjadi enam balai, anggaran kebinamargaan dari pos APBD Provinsi pun naik spektakuler, dari Rp200 milyaran hingga mencapai Rp1,1 triliun lebih.

Praktisi dan Pemerhati Kebinamargaan Jabar, Budiarso, mengakui atas kinerja dan komitmen Guntoro dalam mengelola infrastruktur jalan dan jembatan di wilayah Jawa Barat. Menurut dia, sejak Guntoro menjabat Kadis Bina Marga Jabar ada kemajuan signifikan. Ia menyebutkan, kalau sebelum 2010 tingkat kemantapan jalan provinsi di wilayah Jabar rata-rata antara 85-90 persen. Sekarang kondisi jalan provinsi yang panjangnya mencapai 2.000 km lebih itu, tingkat kemantapannya rata-rata sudah di atas 95 persen. “Ini peningkatan yang sangat signifikan,” ujarnya.

Budiarso juga menilai Guntoro memiliki kelebihan dari sisi lain, misalnya dalam hal menciptakan kondusifitas di lingkungan kerja melalui kebersamaan hingga tercipta keharmonisan antar sesama aparatur di jajarannya. Selain itu, Guntoro juga dikenal sebagai pejabat yang sangat memperhatikan kesejahteraan dan kenyamanan anak buahnya dalam bekerja.

Budiarso mencontohkan, awal Guntoro menjabat Kadis Bina Marga ia sudah berhasil merehab dua kantor balai, yaitu kantor balai wilayah pelayanan II Sukabumi dan wilayah pelayanan V Sumedang. Pada tahun 2012 ini, Guntoro kembali merehab dua kantor balai, yaitu balai wilayah pelayanan II Cianjur dan wilayah pelayanan III Bandung.

Jauh sebelumnya, lanjutnya, Guntoro terlebih dahulu telah merehab masjid dan sarana parkir dan halaman kantor dinas provinsi di Jalan Asia Afrika, Bandung. Bahkan sejak 2011 lalu kantor di Jalan Asia Afrika ini sudah dilengkapi dengan sarana lift.

“Jadi benar kalau Guntoro ini termasuk pejabat yang visionir. Maka tidak heran kalau sekarang ia termasuk pejabat yang sangat dekat dengan gubernur Ahmad Heryawan. Ia juga menjadi pejabat yang disegani sekaligus dicintai oleh anak buahnya,” pungkas aktivis yang tinggal di Bandung ini. Arso/Iwan BSK

FacebookTwitterGoogle+Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>