Gunung, Hadirkan Medan Berat Dan Penuh Misteri

Bogor, Trans - Masyarakat sedang berduka atas kecelakaan pesawat SUKHOI Superjet 100 di Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat. Tak ada yang menyangka bahwa joy flight jet buatan Rusia ini berakhir dengan kabar  pesawat jet menabrak tebing di Gunung Salak.

Tak sedikit kecelakaan pesawat yang terjadi di Indonesia terjadi di gunung atau daerah pegunungan dengan hutannya yang masih lebat dan asri. Tak jarang kecelakaan tersebut dikaitkan dengan hal-hal gaib mengingat banyak di antara masyarakat kita yang percaya bahwa gunung menyimpan misteri.

Dan sampai saat ini upaya evakuasi korban oleh tim SAR dari tempat kecelakaan di Gunung Salak terkendala kontur tebing lokasi yang curam. Serta perjalanan menyusuri darat yang harus ditempuh tim evakuasi pun memakan waktu sampai 5 jam untuk mencapai lokasi kecelakaan. Sungguh, gunung tersebut memang menguji ketangguhan manusia (tim SAR) sampai batas. Dan tak lupa faktor cuaca menjadi salah satu penentu keselamatan kita selama berada di gunung.

 

Menyingkap Misteri Kabut Tebal Di Gunung Salak

Misteri yang ada dalam gunung serta medannya yang berat, untuk dijelajahi manusia memang kita tak pernah bisa memastikan. Terlebih bila kita sendiri belum pernah menjelajah gunung tersebut. Salah satu sineas tanah air, Affandi Abdul Rachman mengangkat bagaimana kerasnya penjelajahan gunung terutama jika penjelajahan tersebut ditujukan untuk mencari orang yang hilang dalam film PENCARIAN TERAKHIR.

Dalam film yang dibintangi oleh Lukman Sardi dan juga Richa Novisha ini, Affandi secara detil memberikan gambaran kepada penonton bagaimana kerasnya alam pegunungan untuk bisa dijelajahi manusia. Berikut di antaranya:

1. Cuaca yang mudah berubah.

Sebanyak apa pun ilmu yang kita miliki dalam memprediksi cuaca,gunung dengan alamnya yang masih alami punya cara mengejutkan para pendaki dengan perubahan cuaca yang tiba-tiba. Jadi bukan hal aneh jika cuaca cerah berubah menjadi berkabut, gelap, lembab, dan juga hujan hanya dalam hitungan jam saja.

2. Setiap gunung menyimpan cerita misterinya sendiri.

Setiap gunung di Indonesia punya misterinya masing-masing. Dalam hal ini, misteri bisa kita artikan sebagai hal-hal mistis yang belum dapat kita temukan penjelasannya. Dalam cerita PENCARIAN TERAKHIR, tepatnya di Gunung Gedhe, para pendaki yang tersesat dihantui oleh sosok misterius yang tak jelas wujudnya namun bisa kita rasakan kehadirannya. Coba tanya orang di sekelilingmu yang pernah mendaki gunung, pasti mereka punya pengalaman mistis untuk diceritakan.

3. Perbekalan lengkap itu wajib.

Tidak akan ada toko perbekalan di tengah gunung. Catat itu!

Sekuat apa pun kita, pasti butuh makan selama menjelajah gunung. Terlebih bila kita harus menyusuri gunung demi mencari orang yang hilang. Rute dan lama waktu perjalanan jelas tak bisa dipastikan. Hal tersebut pasti menguras tenaga. Oleh karenanya para pendaki selalu membawa tas carrier besar untuk memuat perbekalan selama mendaki gunung seperti tenda, lampu, makanan, dan minuman. Mendaki gunung bukan hal remeh, jadi jangan sekali-kali mendaki tanpa persiapan dan perbekalan.

Film PENCARIAN TERAKHIR memang belum lah sempurna dalam mengupas serba-serbi pendakian gunung serta segala misterinya. Paling tidak, film ini memberi gambaran tentang keadaan gunung serta aktivitas pendakiannya.

Seperti halnya Gunung Salak tempat kecelakaan Sukhoi 100 Superjet, pastilah menyimpan misteri dan juga medan berat untuk dijelajahi. Dengan sedikit gambaran dari film di atas, tentunya kita bisa ikut merasakan betapa beratnya tugas tim SAR dalam mengevakuasi korban kecelakaan. Semoga usaha mereka mendapat perlindungan dari Tuhan yang maha Esa. |  Muhammad Zikri


FacebookTwitterGoogle+Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>