120×600 [tma]
120×600 [tma]

Guru Olahraga SD di Jabar Ikuti Sosialisasi Otrad

Bandung, Trans - Puluhan guru olahraga tingkat sekolah dasar (SD) mengikuti program sosialisasi Olahraga Tradisional (Otrad). Kegiatan yang diselenggarakan beberapa waktu lalu itu dibuka langsung olah Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Jawa Barat (Kadisorda Jabar) Drs H Otji S Waiharyadi M.Pd, bertempat di  Hotel Isola Bandung.

Dalam kesempat tersebut Kadisorda Jabar mengatakan, aktivitas olahraga merupakan bagian penting dalam hidup dan kehidupan. Baik itu olah raga masyarakat, olahraga rekreasi maupun olahraga prestatif. Menurutnya, apabila olahraga tersebut dilakukan dengan benar maka hidup akan selalu sehat. “Kalau tubuh kita sehat, Insya Allah hidup kita pun akan sejahtera,” ujar Otji.

Menurut dia, salah satu media yang efektif dalam upaya pembentukan karakter bangsa dan kearifan dalam meningkatkan program kesalehan sosial yakni dengan berolahraga. Karena dengan berolahraga ada nilai-nilai sportifitas, fairplay dan semangat kerja samanya.

Oleh karena itu, kata Otji, dua tahun terakhir ini pembangunan di sektor keolahragaan di Jawa Barat diarahkan bagaimana supaya olahraga menjadi kebutuhan hidup masyarakat. Bahkan lebih dari itu olahraga juga dijadikan sebagai gaya hidup modern masyarakat Jawa Barat. Sehingga apa bila hal itu dapat terwujud, maka diharapkan secara bertahap angka partisipasi masyarakat dalam berolahraga (APMO) mengalami peningkatan. “Mudah-mudahan target APMO  Jabar sebesar 50 persen pada tahun 2016 sebagaimana tertuang dalam RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah) dapat tercapai,” ujarnya.

 

Pertama kali

Sementara itu, Ketua Panitia Sosialisasi Otrad, Drs Asep Purwantoro menjelaskan pembangunan Olahraga Tradisional khususnya di lingkungan sekolah diharapkan dapat ditumbuh kembangkan dikalangan pelajar. Karena hal itu, menurutnya, sebagai salah satu upaya untuk melestarikan olahraga tradisional yang di dalamnya terkandung nilai-nilai luhur warisan budaya para leluhur kita.

Dikatakan Asep, tahun 2012 ini merupakan tahun pertama kalinya diadakan kegiatan sosialisasi otrad bagi guru SD. Kegiatan ini diikuti peserta sebanyak 80 orang terdiri dari utusan masing-masing kabupaten/kota di Jabar sebanyak  3 orang, dan ditambah beberapa orang utusan dari FORMI Pengda Jabar. | Arso

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *