Hasil Verifikasi Harta Cagub & Cawagub DKI Diumumkan 14 Juni

Masyarakat bisa memberi informasi baik ke KPUD dan KPK apabila menemukan ada harta yang belum dilaporkan.

 

Jakarta, Trans – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) rencananya akan mengumumkan hasil verifikasi harta calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) peserta Pilkada DKI pada 14 Juni 2012 mendatang. Demikian dikatakan Juru Bicara KPK, Johan Budi SP.

Menurut Johan, rencananya KPK akan didampingi oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan enam pasang cagub dan cawagub ketika mengumumkan hasil verifikasi harta kekayaan tersebut.

Tidak hanya mengumumkan hasil verifikasi, Johan menambahkan, di hari yang sama juga akan ditandatangani pakta integritas. Di mana, bertujuan menghasilkan pilkada yang bebas atau bersih dari permainan politik uang.

“Setelah hasil verifikasi diumumkan, masyarakat bisa memberi informasi baik ke KPUD dan KPK apabila menemukan ada harta yang belum dilaporkan,” kata Johan Budi di kantor KPK, Jakarta, Selasa (5/6).

Seperti diketahui, KPK turut berkontribusi dalam menjamin bersihnya Pilkada DKI Jakarta, dengan mulai melakukan verifikasi harta kekayaan enam peserta Pilkada pada Selasa (5/6) sampai Rabu (13/6) mendatang.

Pada Selasa (5/6) ini, tim Laporan Harta Kekayaan Penyelanggara Negara (LHKPN) KPK mendatangi kediaman dua calon Gubernur DKI, yaitu Joko Widodo (Jokowi) dan Hendardji Supandji.

‎​”Iya (mendatangi kediaman Jokowi dan Hendardji, untuk verifikasi LHKPN,” kata Kabag Pemberitaan dan Informasi KPK, Priharsa Nugraha melalui pesan singkat, Selasa (5/6).

Tidak hanya calon Gubernur yang didatangi oleh tim verifikasi harta KPK, calon wakil gubernur juga akan didatangi oleh tim KPK untuk melakukan verifikasi harta kekayaan.

KPK memang akan melakukan verifikasi terhadap laporan harta kekayaan enam pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada DKI Jakarta. Menyusul laporan kekayaan yang sudah diserahkan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta ke KPK.

“Jadi betul kita memang sudah menerima laporan harta kekayaan pasangan calon itu. Kita berencana untuk segera melakukan verifikasi terhadap laporan itu,” kata Johan Budi SP ketika dihubungi, Senin (14/5).

Sebelumnya, Ketua KPUD DKI Jakarta, Dahlia Umar membenarkan bahwa pihaknya telah menyerahkan seluruh laporan kekayaan milik para pasangan cagub dan cawagub ke KPK guna diverifikasi oleh lembaga ad hoc tersebut.

“Nanti (setelah diverifikasi) kita akan publikasikan ke publik. Ini juga diharapkan menjadi bagian pembelajaran kepada para pemilih untuk memilih para calon yang memiliki integritas yang baik, salah satunya lewat pelaporan harta kekayaan ini,” kata Dahlia di gedung KPK, Jakarta, Senin (15/5). | C Herry SL

FacebookTwitterGoogle+Share

Leave a Reply

ADVERTISEMENT

IndoNIC.net - Web Hosting Murah (cPanel), Gratis Domain
Log in