Layanan Visa Online Imigrasi Memudahkan Masyarakat

Jakarta, Trans – Setelah hampir dua tahun sistem layanan visa online digulirkan Direktorat Jenderal Imigrasi untuk melayani publik, telah mampu memberikan kemudahan bagi masyarakat, termasuk untuk menurunkan gratifikasi.

Dengan visi, misi, moto, dan layanan publik yang jadi pedoman Imigrasi, masyarakat pun mendapat kepastian hukum dan layanan publik. Selain itu, masyarakat juga mendapat informasi waktu penyelesaian dokumen yang cepat dan tepat serta biaya terjangkau.

Hal itu sejalan dengan pesan Menteri Hukum dan HAM, Amir Syamsudin, pada Hari Bakti Imigrasi yang ke-62 lalu. Dimana, petugas memang harus menyikapi secara responsif dan konstruktif berbagai kritik dari masyarakat dengan melakukan inovasi, meningkatkan pelayanan publik, pelayanan birokrasi yang cepat, mudah, dan transparan.

Memang harus diakui masih ada kendala seiring dengan penyiapan sistem dan perangkat pendukung yang canggih serta SDM yang andal, sehingga bias berjalan dengan baik.

Masalah masih adanya kritik masyarakat soal layanan visa online, belum diperoleh penjelasan dari Budi Satria Wibawa, Direktur Visa Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham. “Saya masih lagi di Banten, ada rapat dengan anggota dewan,” ujar Budi lewat pesan singkat dari telepon selulernya (SMS) kepada Koran Transaksi, belum lama ini.

Yang pasti, permohonan visa & izin tinggal orang asing, tidak lagi rumit, termasuk untuk mencari informasinya. Caranya, masukkan nomor permohonan pada kolom Nomor Permohonan; Nomor permohonan bisa dilihat pada kwitansi permohonan.

Selanjutnya klik tombol “Cari” untuk melihat informasi permohonan; Tahapan yang masih dalam proses akan di tandai dengan “warna biru”; lalu ada Informasi Persetujuan Visa. | Chandra

FacebookTwitterGoogle+Share

1 Response for “Layanan Visa Online Imigrasi Memudahkan Masyarakat”

Leave a Reply

ADVERTISEMENT

IndoNIC.net - Web Hosting Murah (cPanel), Gratis Domain
Log in