MTQ ke-39 Tingkat Kabupaten Padang Pariaman Dibuka

Padang Pariaman, Trans – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kabupaten Padang Pariaman ke-39 resmi dibuka Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Staf Ahli, H. Sudirman Gani Jum’at (11/11) di Kecamatan Padang Sago.

Acara pembukaan dipusatkan di Lapangan Palito itu, dimeriahkan dengan tari indang, tari gelombang dan drum band.

Hadir pada kesempatan tersebut, Persatuan Keluarga Daerah Padang Pariaman (PKDP) se Indonesia diantaranya, PKDP Medan, Aceh dan memberikan sumbangan uang kontan senilai Rp. 35 juta. Kemudian Ketua PKDP Riau, H, Sudirman Tando, atas nama pribadi dan group usahanya Rp. 13 juta. Setelah itu, PKDP Mandau Duri Rp. 5 juta.

Selain itu juga hadir Wakil Bupati Padang Pariaman, Damsuar Dt. Bandaro Putiah, Kanwil Kamenag Sumbar. Usai pembukaan yang ditandai dengan pengguntingan pita diikuti dengan penekanan tombol sirine oleh Sudirman Gani dan dilanjutkan pawai ta’aruf oleh kafilah masing-masing kecematan.

Menurut Damsuar, terlaksananya acara ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak, terutama perantau yang tergabung dalam PKDP, apalagi masyarakat yang berada di kampung, telah berusaha sekuat tenaga mensukseskan acara ini.

“Kami sampaikan terima kasih yang sedalam-dalamnya, semog acara dapat berjalan dengan aman dan tertib dari awal sampai akhir,” ujar Dt. Damsuar.

Sementara itu, Sudirman Gani, dalam sambutannya, juga menyampaikan aplus terhadap keluarga besara PKDP yang sengaja pulang basamo, untuk memeriahkan acara MTQ ini.

Sudirman Gani, menghimbau seluruh kaum muslimin dan muslimat yang hadir, agar`dapat mengambil hikmah dari pelaksanaan keagamaan ini.

“Jangan al-Qur’an, sekedar untuk dipertandingkan, tetapi baca, pahami dan amalkan isi kandungan al-Qur’an itu,” kata Sudirman Gani.

Camat Padang Sago, Syamsunar, BA sbagai Panitia Pelaksana dalam laporannya mengatakan, MTQ tingkat Kabupaten Padang Pariaman yang ke-39 ini membutuhkan dana sebesar Rp. 450 juta. Sementera dana yang terkumpul, baru skitar 40 parsen dari total yang diharapkan, jelasnya.

Sementara itu ditempat terpisah, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Zamazami S.Ag menyebutkan, pada perlombaan MTQ tahun ini pihaknya mengutus 22 orang kafilah yang terdiri dari 10 orang kafilah putra dan 12 orang kafilah putri.

“Insya Allah kita akan jadi yang terbaik pada MTQ sekarang dan bisa mewakili Padang Pariaman pada MTQ tingkat Provinsi Sumatera Barat yang akan dilaksanakan di Kabupaten Dharmasraya” ujar Ketua LPTQ V Koto Kampung Dalam tersebut. | Mudawar Piliang

FacebookTwitterGoogle+Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IndoNIC.net - Web Hosting Murah (cPanel), Gratis Domain