Pemerintahan Kecamatan Sukatani Kabupaten Bekasi Sosialisasikan Mekanisme Pembentukan BPD Periode Tahun 2012

Bekasi, Trans - Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di 147 desa yang ada di wilayah Kabupaten Bekasi sempat merasa khawatir menghadapi Pilkades yang akan segera dilaksanakan.

Kekhawatiran panitia yang dibentuk dari tanggal 7 sampai 9 Mei 2012  hingga tanggal 9 Juni 2012 berkaitan dengan masa jabatan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Dari informasi yang bergulir saat ini diketahui bahwa Panitia Pilkades sendiri dibentuk berdasarkan pasal 209 Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004, dimana pemerintahan desa dipimpin oleh kepala desa dan BPD. Dan, Perbup 34 c menyebutkan bahwa BPD berwenang membentuk Panitia Pilkades. Artinya, berdasarkan undang-undang dan Perbup terbentuklah Panitia Pilkades.

Sementara itu ada isu yang berkembang di masyarakat dan telah terdengar oleh beberapa ketua Panitia Pilkades bahwa masa jabatan BPD tahun 2012 akan berakhir pada tanggal 18 Juli 2012.

Namun, bergulir pula isu dan sampai ke telinga ketua Panitia Pilkades bahwa masa jabatan BPD akan diperpanjang sampai selesai Pilkades.

Ketua Panitia Pilkades Desa Sukadarma,  Kecamatan Sukatani, Ade Syam M.Pd, kepada Koran Transaksi, mengaku dirinya sangat cemas dan was-was dengan adanya informasi bahwa ada perpanjangan masa jabatan BPD.

“Setahu saya terbentuknya BPD itu dengan cara diparipurnakan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI). Setelah itu barulah lahir Undang-Undang Nomor 32,” ujarnya.

Terkait isu-isu tersebut, Kepala Badan Pemberdayan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Bekasi belum memberikan kepastian kepada para Ketua Panitia Pilkades yang sudah terbentuk.

Drs Taslim Kusyairi—Panitia Pilkades Desa Sukadarma, mengaku sudah salah satu staf di Sub Bidang Pengembangan Kapasitas Pemerintahan Desa BPMPD, namun jawaban yang diterimanya juga tidak ada kepastian.

“Staf itu hanya mengatakan tunggu dulu, Pak. Saya baru melayangkan surat ke Pemprov Jabar dan ke Dirjen. Setelah ada jawaban dari propinsi atau dari dirjen, baru nanti saya informasikan ke semua Panitia Pilkades,” ungkap Panitia Pilkades Desa Sukadarma itu.

Menurut Drs Taslim Kusyairi, kalau pihak BPMPD menunggu surat dari propinsi dan dirjen, berarti sudah menabrak undang-undang. Sebab, yang ditunggu adalah peraturan pemerintah (PP).

“Kalau menabrak peraturan yang ada, saya khawatir setelah pemilihan, dengan kondisi ada yang kalah ada yang menang, pihak yang kalah akan menuntut Panitia Pilkades,” ujarnya.

Namun, kekhawatiran itu berakhir, menyusul adanya undangan rapat kepada seluruh Panitia Pilkades dari Camat Sukatani M Soleh Suhasbih SE MM mengundang rapat kepada semua panitia Pilkades, untuk mensosialisasikan Juknis Pembentukan BPD.

Pada kesempatan itu Camat mengatakan bahwa BPD merupakan perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa dan memiliki kedudukan sejajar dengan pemerintahan desa.

“BPD dapat dianggap sebagai parlemennya desa berdasarkan Undang-Undang No.32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, sebagaimana diubah terakhir dengan Undang-Undang No.12 Tahun 2008 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang No. 32 Tahun  2004 tentang Pemerintahan Daerah,” tegasnya.

Lebih tegas lagi, Camat Sukatani itu mengatakan bahwa BPD berfungsi menetapkan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

Di samping itu, BPD mempunyai fungsi mengawasi pelaksanaan peraturan desa dalam rangka pemantapan pelaksanaan kinerja pemerintahan desa.

Sedangkan pengaturan pembentukan BPD di Kabupaten Bekasi diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2008 tentang Pemerintahan Desa dan Peraturan Bupati No.34 A Tahun 2011 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan BPD di Kabupaten Bekasi.

Dalam kedua peraturan tersebut diatur antara lain masa jabatan BPD, tugas, fungsi dan wewenang dari BPD, serta mekanisme pembentukkannya.

“Jadi, dengan adanya sosialisasi pembentukan BPD dari kecamatan, saya merasa lega dan tidak was-was lagi,” ujar salah seorang panitia pelaksana Pilkades. | Kaslim

Leave a Reply

ADVERTISEMENT

IndoNIC.net - Web Hosting Murah (cPanel), Gratis Domain
Log in