Pemkab Agam Peringati 4 Hari Penting Dalam Upacara Bendera

Agam, Trans – Dalam rangka memeriahkan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Lubuk Basung ke-19 sebagai Ibukota Kabupaten Agam, Hari Keluarga Nasional ke XIX Tingkat Kabupaten Agam, Hari Lanjut Usia dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia diselenggarakan upacara bendera yang diadakan di Halaman Kantor Bupati Agam berlangsung Khidmat, Kamis (19/7).

Upacara diikuti oleh pelajar SMP dan SMA se-Lubuk Basung, Pegawai Pemerintah Kabupaten Agam, Polisi, TN dan para atlit berprestasi Kabupaten Agam.

Bupati Agam sebagai Inspektur Upacara menyampaikan sambutannya, Sudah 19 tahun berlalu kepindahan Ibu Kota Kabupaten Agam dari Bukittinggi ke Lubuk Bausngsejak 19 Juli 1993.

“Saat ini kota Lubuk Basung kalau diibaratkan seorang manusia sudah berusia beranjak mulai dewasa yang akan menatap masa depan lebih baik,” ungkapnya.

Bupati menambahkan, dari rentang 19 tahun ini secara bertahap Kota Lubuk Basung sudah dapat dibenahi dengan berbagai program kegiatan pembangunan seperti Sport Center yang merupakan lapangan sepak bola yang megah berukuran nasional, Gedung DPRD Kabupaten Agam yang representatif untuk rapat-rapat para wakil rakyat.

Selain itu melakukan pembangunan Gelanggang Olah Raga Rang Agam serta 2 unit lapangan basket, pembanguna junction atau tugu selamat datang di Kota Lubuk Basung, pembangunan perumahan rakyat untuk para PNS serta masyarakat, pembangunan objek wisata masyarakat, peningkatan sarana prasarana jalan Kota Lubuk Basung dari aspal Lapen menjadi aspal hotmix, dan pembangunan Pasar Inpres Padang Baru.

“Menariknya, ada pembangunan Perguruan Tinggi Stikes Ceria Buana yang merupakan perguruan di bidang kesehatan yang dibangun oleh tokoh masyarakat Lubuk Basung,” ungkapnya.

Ke depan, kata bupati, akan dibangun lagi sebuah gedung pertemuan yang representatif untuk acara-acara resmi dan seremonial yang dapat digunakan baik pemerintah daerah maupun masyarakat Kabupaten Agam.

“Kita juga akan menata kembali jalan-jalan lingkar dan pusat-pusat perekonomian di Kota Lubuk Basung ini untuk mempermudah akses transportasi masyarakat,” ujarnya.

Bupati berharap peringatan HUT Ibu Kota Lubuk Basung kali ini akan membuat semangat masyarkat kota semakin tinggi dalam mendukung pembangunan serta akan membuat Kota Lubuk Basung semakin indah, masyarakat peduli lingkungan bersih dan sehat.

Dengan Peringatan Hari Keluarga Nasional yang ke-19 ini diharapkan dapat menjadi momentum yang sangat penting dan strategis serta besar artinya untuk meningkatkan komitmen bersama dari berbagai elemen masyarakat.

Melalui Peringatan Hari Lanjut Usia sebagai tangung jawab pemerintah dalam memberikan kesejahteraan pada lanjut usia, maka dilaksanakan Program Asistensi Sosial Lanjut Usia (ASLUT) dalam bentuk bantuan dana yang diperuntukkan untuk pemenuhan kebutuhan dasar lansia dan pada tahun 2012 ini Kabupaten Agam telah melayani 122 orang dengan bantuan sebesar Rp200.000 per bulan selama satu tahun.

Mengenai Hari Lingkungan Hidup tingkat Nasional yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2012, Pemerintah Kabupaten Agam telah melaksanakan program penghijauan melalui kegiatan Agam Menyemai yang dilaksanakan secara terus menerus selama hampir 2 tahun telah menanam hampir 2 juta pohon serta 1 juta bibit yang manfaatnya bukan saja untuk pelestarian lingkungan hidup juga memperkuat ekonomi masyarakat.

Di akhir acara dibagikan beberapa penghargaan seperti Kader Pemberdayaan terbaik yang diraih oleh Heri Suparayitno daerah Anak Aia Kumayan Lubuk Basung, Efrianto Batang Piarau Lubuk Basung, Darna Witri Ujung Padang Lubuk Basung, penyerahan Kader Teknis terbaik diraih oleh Edi Syahrial Balai Ahad Lubuk Basung, Yasril Y Padang Tongga Lubuk Basung dan Syafri Siguhung Lubuk Basung.

Diserahkan juga Bantuan untuk siswa kurang mampu untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2012 untuk 21 orang sebesar Rp72 juta, masing-masing mendapat 3 juta, 4 juta dan 5 juta baik melalui jalur undangan maupun SNMPTN 2012.

Acara dimeriahkan oleh atraksi oleh para Taekwondo Kabupaten Agam yang telah torehkan prestasi menaikkan nama Kabupaten Agam di tingkat Nasional.

Selanjutnya ditutup dengan iringan Jamba yang dibawa oleh para ibu-ibu SKPD se-Kabupaten Agam dan diiringi oleh tarian piring dan tambua tansa, serta dilanjutkan makan berjamba bersama di halaman kantor Bupati Agam. | SH/Uci

FacebookTwitterGoogle+Share

Leave a Reply

ADVERTISEMENT

IndoNIC.net - Web Hosting Murah (cPanel), Gratis Domain
Log in