Penilaian Keluarga Sakinah Teladan Sebagai Program Unggulan Kemenag

Agam, Trans – Pemilihan Keluarga Sakinah Teladan yang dilaksanakan setiap tahunnya merupakan Program Unggulan Kementrian Agama (Kemenag) dalam pembinaan terhadap umatnya.

Hal itu diungkapkan oleh Drs H Asra Faber MM, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Agam dalam sambutannya acara Penilaian Tim Keluarga Sakinah Teladan di Kediaman Rumah H.Marthala Nagari Padang Laweh Kecamatan sungai Pua, Rabu (7/7).

Asra Faber menambahkan Pembinaan Umat melalui penilaian keluarga sakinah teladan ini dimulai dari tingkat paling rendah yaitu tingkat kecamatan sampai nanti penilaian di tingkat nasional, ungkapnya.

Selain meraih prestasi ada juga nilai dakwah dalam membangun umat yang berkualitas, beriman dan bertaqwa, ungkap Asra Faber.

Sesuai Keputusan Kepala Kantor Kementrian Agam Kabupaten Agam Nomor kd.06/1/KPTS/410/2012 tentang Penetapan Keluarga Sakinah Teladan Kabupaten Agam tahun 2012 keluarga H.Marthala berserta istri Hj Rosma yang berdomisili di Nagari Padang Laweh Kecamatan Se.Pua terpilih mewakili Kabupaten agam sebagai Keluarga Sakinah Teladan.

“Selanjutnya akan ke tingkat Propinsi dengan nilai 815, karena telah berhasil menyisihkan 2 keluarga sakinah lainnya yaitu H.Syoruddin berserta Hj.Asmarna Ma’at di Kecamatan Kamang Magek sebagai Juara II dengan nilai 810 dan kerluarga H.Thahruddin berserta Hj.Nurmatias dari Kecamatan Tanjung Raya dengan nilai 800,” ungkap Asra Faber.

Menurut Asra Faber, ada beberapa indikator yang harus dipenuhi oleh para peserta pada ajang ini, diantaranya Performa, Kompetensi Kepribadian dimana keluarga berkarakter layak untuk menjadi contoh, hal ini dibuktikan dengan riwayat hidup keluarga.

“Indikator selanjutnya kemampuan memanage keluarga, peranannya dalam masyarakat dan yang lebih utama adalah setelah terpilih menjadi juara keluarga Sakinah, harus mampu mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari – hari secara kontinyu,” imbuh Asra Faber.

Asra Faber menambahkan kedatangan tim Penilai hari itu adalah untuk melakukan uji publik atas kredibilitas peserta.

Sementara itu Marzuki selaku ketua Tim Penilai mewakili 5 orang rekannya menyampaikan pemilihan keluarga sakinah teladan ini merupakan motivasi untuk mewujudkan keluarga yang mampu memenuhi kebutuhan spritual dan material secara seimbang menuju masyarakat madani. | SH/Uci

FacebookTwitterGoogle+Share

Leave a Reply

ADVERTISEMENT

IndoNIC.net - Web Hosting Murah (cPanel), Gratis Domain
Log in