Penyusunan RKPD 2012 Kab Bekasi Di Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang

Bekasi, Koran Transaksi.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi telah melaksanakan penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) di Hotel Sahid Lippo Cikarang, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten  Bekasi, Selasa (14/4).

Penyusunan RKPD itu dihadiri Bupati Bekasi, Wakil Bupati, Kepala BAPPEDA dan para Kepala SKPD  yang berada dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Bekasi para peserta penyusunan RKPD.

Bupati Kabupaten Bekasi DR H Sa’duddin MM mengatakan kepada para perserta penyusunan RKPD tersebut bahwa rencana kerja pembangunan Daerah merupakan penjabaran dari rencana pembangunan jangka menengah daerah, yang mengacu kepada rencana kerja pembangunan daerah Propinsi Jawa Barat.

Dalam RKPD dibuat rancangan ekonomi daerah, pioritas pembangunan daerah, rencana kerja dan pendanaan daerah, baik yang dilaksanakan langsung oleh pemerintah daerah maupun yang ditempuh, dengan mendorong partispasi masyarakat.

Tujuan penyusunan RKPD adalah untuk menjamin keterkaitan  dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran. “Pelaksanaan dan pengawasan pembangunan muatan rancangan awal  RKPD menjadi pedoman basgi kepala satuan kerja perangkat daerah dalam menyusun rencana kerja SKPD,” ujar bupati.

Penyusunan RKPD Kabuapten Bekasi Tahun 2012 pada dasaranya merupakan kegiatan rutin tahunan untuk mensinkronkan rencana program dan kegiatan SKPD Tahun 2012, sekaligus sebagai rumusan kebijakan pembangunan daerah yang merupakan penjabaran dari visi dan misi Kabupaten Bekasi.

Sedangkan tema pembangunan pada tahun 2012 adalah peningkatan prioritas pembangunan sebagai berikut: birokrasi dan tata kerja pemerintah dalam rangka peningkatan kinerja aparatur peningkatan aksesibilitas dan kualitas pendidikan, peningkatan aksesibilitas dan kualitas kesehatan,  peningkatan kualitas infrastruktur wilayah, pengelolaan lingkungan hidup secara terpadu dan berkelanjutan, optimalisasi pemanfaatan energi dan sumber daya mineral, penanggulangan kemiskinan, penyandang masalah kesejahtraan sosial, pengangguran dan ketenaga kerjaan, peningkatan investasi perdagangan dan perluasan kesempatan kerja.

Selanjutnya peningkatan ekonomi masyarakat yang didukung oleh pembangunan sektor pertanian dan industry, peningkatan ketahanan pangan,  peningkatan promosi investasi potensi daerah, perwujudan keterbukaan informasi public, peningkatan peran masyarakat dalam pembangunan pedesaan, pelestarian kebudayaan asli dan pengembangan potensi wisata Kabupaten Bekasi.

Sebagaimana dimaklumi bahwa pengembangan tahun kelima ini merupakan tahun terahkir dari pelaksanaan RPJMD Kabupaten Bekasi Tahun 2007-2012. “Maka seluruh sektor hendaknya berperan aktif dan senantiasa berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Bekasi dalam menyusun strategi untuk mewujudkan kemandirian mayarakat Bekasi, yang pada akhirnya bermuara pada pemeberdayaan masyarakat Kabupaten Bekasi,” kata bupati.

Namun, tambah bupati,  bukan berarti pembangunan di sektor lain diabaikan, misalnya pembangunan pendidikan, kesehatan maupun penguatan daya beli masyarakat juga harus diperhatikan. “Mengingat ketiga faktor tersebut merupakan indikator keberhasilan pembangunan manusia di Kabupaten Bekasi,” ujarnya. | Kaslim

 

FacebookTwitterGoogle+Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>