PT ASDP Ferry Indonesia Akan Tambah Satu Kapal Di Pelabuhan Merak

Merak, Trans – PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry, kembali menambah satu kapal untuk dioperasikan di lintasan Pelabuhan Merak – Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Dengan adanya rencana penambahan satu kapal ini, jumlah kapal yang ada di Pelabuhan Merak – Pelabuhan Bakauheni, menjadi 42 kapal.

Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Mario Sardadi mengatakan, kapal tambahan yang didatangkan dari Inggris dengan nama Port Link I. Kapal tersebut diperkirakan akan berada di Pelabuhan Merak dua pekan mendatang.

“Kapal tersebut memiliki kecepatan 12.000 grt, dan ukuranya besar. Namun saya belum memegang data rincian kapasitas kapal tersebut,” ujar Mario, Kamis (3/4).

Dikatakanya, penambahan kapal ini diharapkan bisa mengantisipasi lonjakan penumpang yang selalu terjadi pada saat musim liburan sekolah dan musim mudik lebaran Idul Fitri. Sebab, dengan adanya kapal baru dengan kapasitas angkut besar, maka kemacetan bisa diantisipasi.

“Kapal ini akan bisa mengantisipasi kemacetan yang kerap terjadi di Pelabuhan Merak akibat adanya peningkatan volume kendaraan,” katanya.

Menurutnya, kendati jumlah kapal yang siap dioperasikan bertambah banyak, dari 41 menjadi 42 kapal. Namun kapasitas 5 dermaga yang ada di Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Bakauheni, hanya mampu menampung 28 kapal dengan jumlah trip mencapai 85 – 90.

Sebelumnya, PT ASDP Indonesia Ferry, telah mendatangkan kapal dengan panjang 151 meter dan memiliki kapasitas angkut 250 kendaraan campuran. Namun sayang, kapal buatan Jepang tahun 1998 yang diberinama Port Link III yang didatangkan dari Korea ini, harus dilakukan modifikasi ulang untuk disesuaikan dengan dermaga yang ada, agar bisa beroperasi melayani penyeberangan di Pelabuhan Merak – Pelabuhan Bakauheni.

Kepala Cabang PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Supriyanto menjelaskan, PT ASDP Indonesia Ferry hingga 2014 akan mendatangkan sebanyak tujuh kapal besar.

Dikatakan, jumlah tersebut untuk memenuhi ketersediaan kapal yang melayani penyeberangan di Pelabuhan Merak- Pelabuhan Bakauheni. “Kami harapkan dengan datangnya kapal ini akan menghilangkan kemacetan di Pelabuhan Merak,” katanya. | Yus

FacebookTwitterGoogle+Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>