Restu Bupati Menentukan Pilbup 2013

Rangkasbitung, Trans – Restu dari Bupati Lebak, Mulyadi Jayabaya, bisa menentukan arah pemilihan bupati (Pilbup) Lebak pada 2013 mendatang.

“Saya menilai, popularitas JB masih sangat besar di Kabupaten Lebak. Oleh karena itu, entah dari pihak keluarga atau bukan yang akan mencalonkan di pilbup mendatang, pasti akan menang bila mendapatkan restu dan dukungan Bupati Lebak, Mulyadi Jayabaya,”ujar Sekretaris LSM Garda Demokrasi Ahmad Syarif, Minggu (20/11) pekan lalu.

Ditegaskannya, popularitas JB nama panggilan akrab sehari-hari Bupati Lebak, Mulyadi Jayabaya, akan menciptakan opini publik masyarakat untuk memilih calon bupati yang gaya kepemimpinan pembangunan­nya menyerupai JB.

“Pemberian restu dari JB, sangat berpengaruh terhadap pemenangan calon bupati 2013. Saya yakin, JB tidak akan sembarangan. Ia akan hati-hati dan teliti memberikan restu kepada salah seorang calon yang diinginkannya,” tegasnya.

Banyaknya tokoh partai politik yang mewacanakan bakal maju sebagai kandidat, lanjut Syarif, bisa diartikan sebagai bentuk komunikasi politik internal kader partai.

“Bisa juga tokoh partai politik yang mewacanakan pencalonan bupati dari internal partai hanya ingin mendapatkan perhatian atau sebagai lobi politik dengan JB,”katanya.

Oeng CH Said, pengamat politik dan sosial di Kabupaten Lebak menambahkan, prediksi calon bupati Lebak 2013 yang akan menang harus mendapatkan restu JB akan meleset.

Sebab, situasi politik tahun ini dengan situasi politik 2013 akan berubah. “Harus kita pahami, yang mementukan menang atau kalahnya calon bupati adalah rakyat, dan bukan karena mendapatkan restu JB,” tegas Oeng.

Ditambahkannya, agenda pilbup masih panjang sehingga terlalu gegabah bila ada pihak yang memprediksi calon yang mendapatkan restu JB akan memenangi pilbup.

“Kondisi politik bisa berubah dalam hitungan menit. Maka dari itu, prediksi bahwa calon bupati yang mendapatkan restu dari JB akan meme­nangi pilgub 2013 saya rasa belum pasti,”ujarnya. | Yusvin

FacebookTwitterGoogle+Share

Leave a Reply

ADVERTISEMENT

IndoNIC.net - Web Hosting Murah (cPanel), Gratis Domain
Log in