Sumber PAD Pajak Reklame Perlu Ditingkatkan

Paijan, Fraksi Partai Golkar Cilacap

Cilacap, Koran Transaksi – Guna meningktakan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pajak reklame, Pemkab Cilacap diminta menawarkan tempat-tempat yang strategis untuk kepada pihak perusahaan. Bahkan,  kalau perlu diswastanisasikan.

Demikian pandangan Fraksi Partai Golkar DPRD Cilacap pada rapat paripurna yang disampaikan juru bicara Paijan. “Jangan malah tempat yang setrategis dimanfaatkan untuk memasang gambar dan tulisan yang tidak perlu,” tegas Paijan.

Selain itu, anggaran kesra dimohon dengan sangat agar diimplementasi di lapangan dengan menggunakan prosedur yang normative. “Jangan karena ada kepentingan kekuasaan. Kalau memberi bantuan itu jangan terlalu sedikit, karena yang dijumpai ada yang menerima berkisar Rp 2.000.000,- untuk tempat ibadah, sehingga habis untuk bikin proposal dan transport, karena pemohon jauh dari ibu kota kabupaten,” ungkap Paijan.

Di sisi lain, Fraksi Partai Golkar mengucapkan selamat atas diterimanya gaji ke-13 tahun 2011 buat PNS. Uang tersebut diharapkan tepat sasaran, khususnya bagi keluarga yang masih mempunyai tanggungan dalam membiayai pendidikan putra dan putrinya.

Secara umum, pandangan Fraksi Golkar terhadap Raperda LKPJ 2010 belum dapat terlaksana secara maksimal, terutama dalam penyerapan serta penggunaan anggaran yang disediakan. Target PAD 2010 telah terlampaui yaitu Rp 149.709.123.162,12 dari rencana Rp 143.945.306.000,- Namun,  sumber yang terbesar masih dari pajak daerah dan retribusi. “Sumber dari bagian laba perusahaan daerah masih sangat kecil,” kata Paijan.

Kemudian, sisa pembiayaan anggaran (SILPA) pada akhir tahun anggaran 2010 sebesar Rp 211.330.937.842,77 cukup besar, namun banyaknya anggaran yang mestinya digunakan untuk percepatan kesejahteraan rakyat menjadi tidak terserap dan kembali ke kas daerah. “Jadi, apa artinya efesien kalau tidak berbanding lurus dengan efektif,” ujar Paijan. | Rudi 

Leave a Reply

ADVERTISEMENT

IndoNIC.net - Web Hosting Murah (cPanel), Gratis Domain
Log in