Syukuran Hari Jadi Ke-23 Desa Lestari Memupuk Persaudaraan Di Antara Masyarakat

Wakil Bupati Luwu Timur, Ir. H Thoriq Husler

Wakil Bupati Luwu Timur, Ir. H Thoriq Husler

Luwu  Timur, Trans - Mari kita bangun kebersamaan, persatuan  dan kesatuan  serta  bersihkan diri dari sifat-sifat tercela  untuk menuju masyarakat  yang aman, tenteram  dan sejahtera. Demikian terpangpang  pada acara syukuran Hari Jadi Desa Lestari ke-23, Sabtu (21 September  2013) lalu.

Dalam syukuran Hari Jadi Desa  Lestari,  Kecamatan Tomoni, Luwu Timur – Sulawesi Selatan itu,   budaya yang merupakan salah satu jati diri bangsa Indonesia itu, benar-benar diperrtunjukkan masyarakat setempat. Disaksikan Wakil Bupati Luwu Timur, Camat Tomoni  dan segenap kepala desa se- Rante Mario, mayarakat datang berbondong-bondong, dan bergotong-royong untuk menyukseskan acara tersebut.

Berbagai macam kegiatan  dilaksanakan, mulai dari tarik tambang, panjat pinang, jaran kepang,  dan lomba nasi tumpeng. Hingga larut malam, masyrakat  masih dihibur kebudayaan  tanah Jawa, yakni wayang kulit.

Desa Lestari memang memiliki sejarah tersendiri. Seperti sambutan yang disampaikan Kepala BPD, Desa Lestari adalah salah satu dari 13 desa di wilayah Kecamatan Tomoni, Kabupaten Luwu Timur, yang terbentuk berdasarkan SK Bupati Luwu Timur No.442/PEMDES/1990.

“Desa Mulya Sri, Kecamatan Mangkutana, Kab. Luwu Timur  dimekarkan menjadi dua desa. Ketika Desa Lestari pada tanggal 11 Desember  1990 dibentuk, statusnya  masih desa persiapan.  Pada tahun 1992 Kecamatan Mangkutana  dimekarkan menjadi  Kecamatan Tomoni,  hingga pejalanan silih berganti.  Lalu, pada tanggal 2 April  2009 sampai 2015, Bapak Nahman Sp menjadi Bapak Desa Lestari. Sampai acara syukuran  kita rayakan di Desa Lestari  ini,” papar ketua BPD itu.

Menariknya,  Bapak Desa Lestari Nahman Sp juga menyampaikan hal yang membanggakan pada acara syukuran itu.  “Kita patut bersyukur, sebab  Desa Lestari diberikan kepercayaan penuh dari Kabupaten Luwu Timur  untuk mengikuti  Lomba Gotong Royong  tahun 2014 mendatang. Nah, berjalanyan acara ini berkat kerja keras aparat pemerintah dibantu  para donatur-donatur, serta masyarakat Desa Lestari  secara bergotong royong.  Semoga dalam lomba gotong royong nanti, kita bisa kembali menunjukkan kerja keras seperti ini,” ujar Nahman Sp.

Semangat gotong-royong dan kentalnya persaudaraan yang ditunjukkan masyarakat, rupanya mendapat perhatian tersendiri dari Wakil Bupati Luwu Timur, H Ir Thoriq Husler, saat menghadiri acara tersebut. “Pupuk terus persaudaraan  di antara  masyarakat.  Amanlah  Luwu Timur,” ujar pejabat yang sangat menyadari bahwa Kabupaten Luwu Timur sebagai daerah yang memiliki multi etnis, dan merupakan cerminan daerah yang kaya akan budaya dari berbagai suku.

Wakil bupati juga mengajak seluruh hadirin untuk meningkatkan  masyarakat yang bermartabat menuju  kerukunan  dan perdamaian di segala bidang, sehingga ketentraman  akan tercipta secara kondusif .  “Hal-hal  tersebut  jika dijalankan  benar,  maka akan terhindar dari perbuatan tercela,” pungkasnya. | Josep SM

FacebookTwitterGoogle+Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IndoNIC.net - Web Hosting Murah (cPanel), Gratis Domain