120×600 [tma]
120×600 [tma]

Tahun 2013 Pemkot Cilegon Usulkan Rekrutmen 400 CPNS

Cilegon, Trans, – - Pemerintah Kota Cilegon, Provinsi Banten, telah mengusulkan rencana perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada 2013, sebanyak 400 kuota. Dari jumlah itu, separuh diantaranya diproyeksikan untuk guru, disusul tenaga kesehatan, serta tenaga teknis.

“Formasi sudah kami usulkan di Kemenpan RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi-red) sejak bulan lalu, tapi kepastian jumlahnya nanti masih menunggu,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Cilegon, Edi Syuaidy SY Alie.

Menurutnya, usulan tersebut dilakukan berdasarkan permintaan Kemenpan RB kepada seluruh daerah yang akan merekrut CPNS pada 2013. Dalam usulan tersebut, Kemenpan RB mensyaratkan agar usulan daerah dilengkapi dengan analisa kebutuhan jabatan.

“Artinya usulan CPNS harus benar-benar berdasarkan kebutuhan pemerintah daerah. Kita tahu bahwa bergulirnya reformasi birokrasi berdampak pada efisiensi anggaran utnuk pegawai,” katanya.

Edi menjelaskan, sebenarnya Pemkot Cilegon masih membutuhkan sekira 2.000 PNS lagi, baik untuk staf, guru, tenaga kesehatan maupun tenaga ahli seperti akuntan. Hanya saja adanya kebijakan moratorium perekrutan CPNS selama dua tahun terakhir membuat seluruh pemerintah daerah harus mengoptimalkan kinerja pegawainya yang sudah ada.

“Mau tidak mau, satu orang pegawai sekarang harus mengerjakan beberapa macam pekerjaan. Misalnya sarjana ekonomi kadang-kadang kita tugaskan mengerjakan urusan sosial,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) BKD Cilegon, Tarto Wahyudi, ketika dihubungi menambahkan, untuk menutupi kelemahan sumber daya manusia tersebut secara berkala BKD memberikan pendidikan dan pelatihan kepada para PNS.

“Diklat dibutuhkan para PNS agar semakin bertambah ilmu dan pengalamannya. Kalau tidak demikian, kita kekurangan terus. Apalagi tuntutan pekerjaan semakin menantang,” katanya.

Untuk diketahui, saat sosialisasi pembangunan beberapa waktu lalu, Walikota Cilegon Tb Iman Ariyadi menegaskan, bahwa untuk tahun 2012, Pemkot Cilegon tidak akan merekrut CPNS baru.

“Saya ingatkan bahwa tahun ini tidak ada perekrutan CPNS di lingkungan Pemkot Cilegon, kewenangan untuk merekrut PNS baru kini dikendalikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi,” kata Walikota.

Menurutnya, untuk menjaga independensi dan transparansi, Kemenpan RB beserta BKN akan menggandeng sepuluh perguruan tinggi negeri untuk mempersiapkan naskah ujian dan menjadi pendamping selama pelaksanaan rekrutmen CPNS.

Adapun kesepuluh perguruan tinggi itu, Universitas Gadjah Mada, Universitas Sumatera Utara, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Andalas, Universitas Pendidikan Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Airlangga, dan Universitas Hasanuddin Makassar.

“Selain perguruan tinggi, ada juga ICW (Indonesia Corruption Wach-red), katanya sih pelaksanaannya mirip ujian masuk perguruan tinggi,” jelasnya. | Yusvin

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *