Tiket Kereta Api H-4 dan H-3 Lebaran Sudah Ludes Terjual

Jakarta, Trans – Tiket kereta api untuk pemberangkatan H-4 dan H-3 lebaran atau tanggal 16 dan 17 Agustus 2012 ludes terjual. Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia Daops I, Mateta Rizalulhaq di Jakarta, Rabu, mengatakan tiket yang habis untuk semua jurusan di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Menurut Kepala Humas Daops I PT-KAI, tiket yang habis hanya kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi ac. Sedangkan ekonomi masih tersedia. Padahal, diperkirakan, pemerintah akan menetapkan Lebaran 2012 jatuh pada 19-20 Agustus.

“Sementara tiket eksekutif sudah bisa dipesan 90 hari sebelum keberangkatan, dan kelas ekonomi H-7 sebelum keberangkatan,” kata Mateta di Jakarta.

Masyarakat yang tidak kebagian tiket perjalanan di tanggal tersebut tidak usah khawatir, lanjut Mateta, karena PT KAI sudah menyiapkan perjalanan kereta tambahan.

Namun Mateta belum bisa memastikan kapan penjualan tiket tambahan dibuka. “Tahun lalu penambahannya 11 perjalanan,” ucapnya. Mateta menambahkan pada mudik lebaran tahun ini PT KAI hanya menjual tiket kereta sesuai jumlah tempat duduk yang ada.

Semua penumpang yang naik dipastikan mendapat nomor tempat duduk dan duduk sesuai nomornya masing-masing. “Jadi penumpang kereta ekonomi tidak lagi berjubel atau duduk di bawah,” ujar dia.

Calo Sementara itu, Senior Manager Security PT KAI, Akhmad Sujadi mengatakan, hingga dua bulan terakhir, petugas PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) menemukan calo tiket kereta di sejumlah stasiun. Dari calo tersebut, petugas menyita 400 tiket jurusan Jakarta menuju berbagai daerah Jawa.

“Sepanjang dua bulan terakhir, kami menyita 400 tiket dari calo. Ini menunjukkan masih ada calo,” ujar Senior Manager Security PT KAI, Akhmad Sujadi.

Dikatakannya, kebanyakan calo membeli tiket di sejumlah minimarket untuk selanjutnya dijajakan di pintu stasiun. Para calo nekat menjajakan tiket karena tergiur untung yang cukup besar.

“Jadi untung calo itu cukup besar. Satu tiket perjalanan mereka bisa untung minimal Rp100.000,” ucap Sujadi.

Untuk memberantas calo tersebut, PT KAI akan meningkatkan pengamanan di sejumlah stasiun yang terindikasi sebagai tempat berkeliarannya para calo. Sejauh ini stasiun yang rawan calo adalah Stasiun Kota, Tanah Abang, dan Stasiun Senen.

Dugaan PT KAI bahwa stasiun tersebut ada calo terbukti setelah beberapa di antaranya telah ditangkap. | Sw 

FacebookTwitterGoogle+Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>