Tim Agam Dalam Jambore PKK Tingkat Sumbar Membanggakan

Agam, Trans – Jambore Kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Berprestasi sekaligus Peringatan Hari Keluarga XIX tingkat Propinsi Sumatera Barat, yang dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno disambut antusias ratusan peserta se-Sumatera Barat, Senin (18/6).

Pembukaan itu dihadiri ketua PKK Propinsi Sumatera Barat Ny. Nevi Irwan Prayitno, Ketua  PKK se Kabupaten/Kota, bupati dan walikota se-propinsi Sumatera Barat, Muspida Plus, SKPD terkait dan penyuluh se Sumbar.

“Jadikan kader kita ini jadi pemersatu dalam menjalankan program daerah, serta menjadikan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas,” ujar Gubernur Irwan Prayitno dalam sambutannya.

Sedangkan Ketua PKK Propinsi Ny Nevi Irwan Prayitno mengajak para kader PKK untuk meningkatkan 10 pokok program PKK di setiap Kabupaten dan Kota.

“Untuk mempererat jalinan hubungan silaturrahmi, Perlu kita tingkatkan 10 pokok program PKK yang ada dalam terutama diwilayah kita masing-masing,” tuturnya.

 

Agam Ikuti Lomba

Dua kegiatan lomba mengawali kegiatan Jambore PKK Berprestasi, IMP dan PLKB Terpadu, tingkat Sumatera Barat. Kontingen Agam dihari pertama menurunkan Eva Susnita sebagai peserta merangkai buah dan sayur didamping Ny. Eva Martias Wanto, dengan tema lingkungan produktif. Sedangkan untuk membuat alat permainan edukatif (APE) diisi oleh Nora didampingi Ny Susi Rahman.

Merangkai buah dan sayur sebagai kebanggaan Agam dalam pelaksanaannya cukup cekatan. Dalam waktu satu jam hasil yang diharapkan dapat terlaksana dengan baik. Namun, hasilnya baru diumumkan pada akhir perlombaan.

Dikatakan Ny Eva Martias Wanto saat mendamping peserta bersama Ketua TP PKK Agam, Ny. Vita Indra Catri, penampilan dari tim Agam di Jambore PKK tahun 2012 ini cukup membanggakan.

“Tujuan merangkai buah dan sayur dari kontingen Agam, untuk melihat kreativitas kader. Diharapkan dapat mengembangkan potensi yang ada karena mereka dapat merias merangkai dan membuat sesuai tema,” ujarnya.

Pembuatan APE (permaianan edukatif) bagi kader sangat bermanfaat. Bahkan, dapat diberikan kepada anak usia dini sebagai alat dan bahan pembelajaran sambil bermain dan sambil belajar.

“Di hari kedua akan kita ikuti dua nomer lomba lagi, antar ketua TP PKK kecamatan berupa penyuluhan, dan kelompok simulasi PKDRT dari Pokja satu,” ujarnya.

Ditambahkan Ny Vita, Senin malam kesenian PKK Agam beraksi dengan randai bertemakan PKDRT, di bawah bimbingan asuhan Ketua TP PKK Agam.

Selesai lomba Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Barat Ny Nevi Irwan Prayitno sempat singgah di tenda Agam sambil menikmati kolak labu dan disuguhi Yel-Yel Rang Agam.

Perlu diketahui bahwa Tim Adven pendiri tapak perkemahan untuk para peserta Kontingen Jambore Kader PKK dan IMP/PLKB Kabupaten Agam, datang lebih awal memasang tenda, gazebo dan pembuatan taman di tapak perkemahan, yang dipimpin Kepala BPMPN Drs. Edi Busti, M.Si.

Tim yang siap bekerja berkekuatan 25 orang berangkat dari Lubuk Basung Jum’at (15/6) malam. Mereka telah memasang perlengkapan yang dibutuhkan selama perkemahan dalam Jambore kader PKK berprestasi di objek wisata Danau Kembar Kabupaten Solok.

Peserta Jambore Kader PKK Berprestasi IMP hadir secara serentak berangkat Minggu (17/6) pagi di bawah pimpinan Ketua TP PKK Agam, Ny. Vita Indra Catri bersama anggota pengurus.

“Kehadiran kontingen Jambore PKK Agam tahun 2012 turun dengan persiapan yang matang dan dibantu seluruh SKPD, agar sukses,” kata Ny. Vita Indra Catri sesampai dilapangan.

Kesiapan kontingen Agam yang diawali semenjak seleksi kader diisi dengan kegiatan lomba pembuatan APE, merangkai buah dan sayur, lomba ekspos Ketua TP PKK Kecamatan, senam poco-poco, Yel-yel Kader PKK, simulasi KDRT, serta penampilan kesenian daerah berupa randai bertemakan kehidupan dalam rumah tangga yang sering melakukan tindakan kekerasan.

Kepala BPMPN Kabupaten Agam Drs. Edi Busti, M.Si, mengatakan bahwa pihaknya telah mempersiapkan kemah-kemah buat ibu-ibu peserta Jambore dengan baik. “Mari kita bahagiakan ibu-ibu PKK ini. Sebab melalui Jambore ini PKK Agam yang cukup giat dalam kegiatannya perlu diservis sedemikian rupa,” ujarnya.Semoga sukses dan mendapat prestasi yang terbaik.  | Sh/Uci

Leave a Reply

ADVERTISEMENT

IndoNIC.net - Web Hosting Murah (cPanel), Gratis Domain
Log in