Museum OHD Mengukuhkan Magelang Sebagai Kota Budaya

Magelang, Trans - Kota Magelang semakin mengukuhkan dirinya sebagai destinasi wisata budaya, terutama dengan dibukanya Museum seni rupa OHD yang terbaru. Museum OHD terbaru ini berlokasi di Jl. Jenggolo 14, Magelang. Museum ini buka setiap hari kecuali hari selalasa dari pukul 10 pagi hingga 6 sore.

Keberadaan Museum OHD baru ini menambah dua museum serupa yang sudah ada di Magelang. Museum ini dimiliki grader, pedagang tembakau serta kolektor lukisan, Oei Hong Djien, yang akrab disapa OHD. Gedung museum ketiga ini merupakan perluasan dari dua museum OHD sebelumnya yang ternyata masih belum cukup untuk memamerkan semua koleksi seni yang dimilikinya.

Uniknya, Museum OHD ketiga dan terbaru ini dibangun dalam gedung yang merupakan bekas gudang tembakau. “Ini gudang tembakau sudah dari tahun 1940, bangunannya sama sekali tidak dirubah hanya interiornya saja disesuaikan,” tutur OHD saat pembukaan museum OHD 3 di Magelang, Jawa Tengah beberapa waktu lalu.

Seniman-seniman lain juga turut membantu menghias eksterior museum ini, membuatnya semakin unik.

Museum yang bernuansa hitam merah ini berisi 100 karya seni, mulai dari lukisan hingga patung yang dikaryakan oleh 5 seniman terbaik Indonesia, yaitu Affandi, S. Sudjojono, Hendra Gunawan, H. Widayat dan Soedibio.

Wali Kota Magelang yang meresmikan museum OHD terbaru ini mengharapkan agar dengan adanya museum ini minat terhadap seni karya Indonesia semakin tinggi. “Semoga semua seni-seni yang ada di tanah air dapat dipelihara.

Museum OHD merupakan aset yang luar biasa yang dimiliki Kota Magelang. “Semoga dengan adanya museum ini, Magelang dapat menjadi kota budaya,” tukasnya. | Fiq

Leave a Reply

ADVERTISEMENT

IndoNIC.net - Web Hosting Murah (cPanel), Gratis Domain
Log in