Untuk Pelaksanaan Bantuan Infrastruktur Desa & Kelurahan, Bupati Bogor Memberikan Pengarahan

Bogor, Koran Transaksi.com – Acara penyerahan bantuan infrastruktur kepada Desa dan Kelurahan se-Kabupaten Bogor secara simbolis diadakan di gedung Serba Guna I Setda Kabupaten Bogor.  Hadir pada acara tersebut Bupati Bogor H. Rachmat Yasin untuk  memberikan sambutan dan secara khusus memberikan pengarahan, unsur  SKPD, Setda, Kecamatan, dan para Kepala Desa lingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor, serta beberapa anggota DPRD Kabupaten Bogor.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Bogor Dr. H.M. Endang Basuni, SH, SIP, MM sendiri dalam laporannya menyatakan bahwa tujuan diadakan acara ini adalah untuk memberikan pengarahan Bapak Bupati Bogor untuk pelaksanaan pemberian bantuan infrastruktur Desa dan Kelurahan se-Kabupaten Bogor tahun 2011 agar bantuan tersebut dapat lebih berdaya guna dan berhasil guna serta dapat menumbuhkan partisipasi gotong royong masyarakat dalam membangun kebutuhan infrastruktur masyarakat secara bertahap di masing-masing desa / kelurahan.

Rencana sasaran pada tahun 2011 sesuai dengan usulan masing-masing Desa/Kelurahan, adalah sebanyak 488 titik kegiatan di 411 Desa dan 17 kelurahan. Adapun anggarannya berasal dari APBD dan swadaya masyarakat.

Dalam sambutannya, Bupati menyatakan bahwa penyerahan bantuan infrastruktur Desa / kelurahan ini merupakan salah satu bentuk peningkatan pelayanan publik dari Pemerintah Kabupaten Bogor. Dengan dukungan infrastruktur yang memadai, akan tercipta efek simultan yang saling mendukung satu sama lain, yakni terbukanya isolasi Desa, meningkatnya mobilitas masyarakat dalam bidang ekonomi, sosial, dan budaya serta meningkatnya posisi tawar desa menjadi urat nadi pertumbuhan wilayah.

Pembangunan infrastruktur menjadi prioritas yang penting dalam pembangunan daerah di Kabupaten Bogor, sebagaimana tercermin dalam misi : meningkatkan infrastruktur dan aksesibilitas daerah yang berkualitas dan terintegrasi secara berkelanjutan.

Bupati berharap pemberian bantuan infrastruktur Desa dan Kelurahan se-Kabupaten Bogor tahun ini dapat membantu mewujudkan program membangun masyarakat Kabupaten Bogor berbasis Perdesaan.

Dalam pengarahannya Bupati menyatakan bahwa bantuan infrastruktur di desa dan kelurahan harus dilaksanakan sesuai dengan ketentuan petunjuk pelaksanaan dengan memperhatikan prinsip transaparansi, partisipasi, desentralisasi, dan akuntabilitas. “Laksanakan monitoring secara berkala terhadap perkembangan program guna mencegah dan mendeteksi sedini mungkin adanya penyimpangan,” ujarnya.

Camat juga dihimbau agar melakukan bimbingan, pembinaan, dan pengawasan dengan penuh rasa tanggung jawab terhadap pelaksanaan berbagai program bantuan, sehingga pelaksanaannya tepat sasaran, tepat waktu, dan tepat spesifikasi serta bermanfaat bagi masyarakat.

Kepada para Kepala Desa ia meminta agar mereka aktif mensosialisasikan pembangunan infrastruktur pedesaan agar masyarakat bisa mengetahui dan merasakan infrastruktur tersebut. Para Kepala Desa juga harus menginventarisir kebutuhan Pemerintahan Desa dan masyarakat Desa.

Beberapa kebutuhan yang harus diperhatikan adalah sarana air bersih, listrik desa, dan kebutuhan di bidang pendidikan dan kesehatan. Pada kesempatan ini, Bupati juga meminta Sekretaris Daerah untuk menghidupkan kembali siskamling dan meminta para Kepala Desa menghidupkan kembali tradisi gotong royong masyarakat.

Pada acara tersebut juga diberikan penghargaan kepada 10 Desa terbaik untuk pelaksanaan pembangunan Betonisasi Jalan Desa/Kelurahan, Pembangunan pengaspalan jalan Desa/Kelurahan, Pembangunan Pos Pelayanan Terpadu, Pembangunan fasilitas Mandi, Cuci, Kakus (MCK), Pembangunan saluran pada Jaringan Irigasi Desa, Pembangunan Sarana Air Bersih, Pembangunan Pondok Pesantren,  dan Pembangunan Madrasah Ibtidaiyah. Kesepuluh Desa tersebut adalah Desa Cimanggis, Desa Cijayanti, Desa Sukaraja, Desa Sukaraksa, Desa Cibanteng, Desa Puspasari, Desa Warung Menteng, Desa Bantar Jati, dan Desa pasarean. | Dasukiharun

FacebookTwitterGoogle+Share

Leave a Reply

ADVERTISEMENT

IndoNIC.net - Web Hosting Murah (cPanel), Gratis Domain
Log in