Wawako Padang Lepas Tim Pramuka Ke Lomba Tingkat Nasional

Padang, Trans – Wakil Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah, SP melepas secara resmi peserta lomba beregu pramuka penggalang Kota Padang ke lomba tingkat nasional (LT V) 2012, di Lapangan Balaikota Padang, Kamis (5/7).

Dalam pelepasan itu, Wakil Walikota Didampingi Ketua Kwarcab Kota Padang Hariadi Dahlan. B, SH, Sekretaris Kwarcab Kota Padang Drs. Tamrizal Dt. Gadang dan Muspida Kota Padang.

Peserta lomba Pramuka Penggalang dari Kwarcab Kota Padang merupakan pemenang pada kegiatan lomba, beregu pramuka penggalang tingkat propinsi Sumbar (LT IV) yang dilaksanakan di bumi perkemahan Lemdikada Padang Besi pada 16-20 Mei yang lalu.

Kota Padang mewakili Sumbar mengikuti lomba Beregu Pramuka Penggalang Tingkat Nasional (LT V) bersama 33 propinsi lainnya pada 5-14 Juli 2012 bertempat di bumi perkemahanan pramuka Cibubur Jakarta, ujar Kabid Humas Pemko Padang Richardi Akbar, S. Sos kepada pers.

“Kegiatan pramuka merupakan salah satu upaya untuk menciptakan generasi muda yang cerdas, bertanggung jawab, terampil, dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Salah satu kegiatan yang dimaksud adalah kegiatan lomba beregu pramuka penggalang yang dimulai dari Tingkat Kecamatan (LT II), Tingkat Kota (LT III), Tingkat Propinsi (LT IV), dan Tingkat Nasional LT (V),” ujar Mahyeldi.

Dijelaskan, lomba tingkat IV merupakan wadah pembinaan dan pengembangan prestasi di bidang kepramukaan serta membina dan mengembangkan persaudaraan dikalangan pramuka penggalang sekaligus memberikan kegiatan yang bersifat kreatif, rekreatif, inovatif, dan produktif yang dapat mengarah kepada peningkatan kemampuan diri sendiri agar menjadi kaum muda yang tangguh, bertanggung jawab, beriman, bertaqwa, serta memiliki penguasaan keterampilan yang mampu menghadapi era persaingan global.

“Pengalaman telah membuktikan bahwa kegiatan pramuka berdampak positif dalam mengatasi berbagai masalah dan tantangan kaum muda, serta mampu membentuk kepribadian dan watak kaum muda, karena hakekat dari gerakan pramuka adalah gerakan pendidikan non formal yang dilaksanakan di luar lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga,” terang Mahyeldi.

Ditambahkan, sasaran dari lomba tingkat ini adalah memaksimalkan kemampuan mental, fisik, dan pengetahuan di alam terbuka, memperoleh pengalaman dan keterampilan yang baru, tumbuhnya jiwa kepemimpinan dan kepercayaan diri, memperkuat tali persaudaraan dan ikut serta mengembangkan jati diri bangsa dan meningkatkan rasa tanggung jawaba dan rasa cinta terhadap tanah air.

“Perlombaan ini bukan berlomba sendiri-sendiri, melainkan berlomba melalui regu yang utuh, untuk itu kekompakkan dan keutuhan dari suatu regu sangat menentukan keberhasilan adik-adik dalam mengikuti seluruh mata lomba, lakukan semua kegiatan lomba sesuai dengan arahan kakak pelatih dengan penuh disiplin, percaya diri, dan selalulah berdoa,” himbau Mahyeldi.

Peserta lomba beregu pramuka penggalang tingkat nasional (LT V) dari Kwarcab Kota Padang adalah Orbavianus Bawa, M.Z. Boviandra, Madio Widodo Utomo, Kurnia Sandi, Fierro Perdana Ibrahim, Gafaldy Mulia, Riki Chandra, dan Gading Novryo L. | Amir Husin Koto

Leave a Reply

ADVERTISEMENT

IndoNIC.net - Web Hosting Murah (cPanel), Gratis Domain
Log in