Komisi III DPR Minta MA Periksa 3 Hakim yang Vonis Bebas Ronald Tannur

 

Tersangka Kasus Dugaan Penganiayaan Gregorius Ronald Tannur dihadirkan saat konferensi pers di Polrestabes Surabaya, Jawa Timur 
Jakarta, KORANTRANSAKSI.com - Komisi III DPR RI meminta Mahkamah Agung (MA) untuk memeriksa tiga orang hakim yang memvonis bebas Ronald Tannur. Ronald terbebas dari dakwaan pembunuhan terhadap kekasihnya, Dini Sera Afrianti.

Dorongan tersebut disampaikan Wakil Ketua Komisi III Ahmad Sahroni, usai mereka menerima audiensi dari pihak keluarga Tannur. Selain itu, DPR juga mendesak Komisi Yudisial (KY) turut bergerak. "Komisi III DPR RI meminta Mahkamah Agung dan Komisi Yudisial segera memeriksa hakim-hakim yang dimaksud. Jadi jangan u a i u langsung aja diperiksa," ujar Sahroni, Senin (29/7).

Rekomendasi itu disetujui oleh Komisi III. "Bagaimana, rekomendasi dapat disetujui?" tanya Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Habiburokhman. Berikut hasil rekomendasi Komisi III dalam audiensi bersama keluarga Dini Sera Afrianti di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (29/7).

Komisi III DPR RI meminta Mahkamah Agung dan Komisi Yudisial segera memeriksa para hakim (Ketua Majelis: Erintuah Damanik, Anggota: Mangapul, Heru Hanindyo) yang termasuk dalam Majelis Hakim terkait perkara Alm. Dini Sera Afriyanti (No. 454/PID.B/2024/PN SBY) sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Komisi III DPR RI meminta Jaksa Agung untuk mengajukan Kasasi dengan memori kasasi yang kuat sesuai dengan tugas dan fungsinya, serta mengajukan pencekalan terhadap saudara Gregorius Ronald Tannur kepada Kemenkumham sesuai ketentuan perundang-undangan. Komisi III DPR RI mewajibkan LPSK untuk memberikan perlindungan terhadap keluarga korban dan saksi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. (TIM/RED)


Posting Komentar

0 Komentar