Menkumham Ingatkan Kesadaran Hukum di HUT Ke-46 Kota Palu

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Republik Indonesia, Supratman Andi Agtas Saat Menghadiri Acara Peringatan HUT Ke-46 Kota Palu (Foto:Humas Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia)
Palu, KORANTRANSAKSI.com - Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-46 Kota Palu, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Republik Indonesia, Supratman Andi Agtas, menekankan pentingnya kesadaran hukum di masyarakat sebagai fondasi utama dalam membangun kota yang maju dan berdaya saing.

Supratman menyampaikan bahwa peningkatan pemahaman hukum akan berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat. “Kesadaran hukum adalah fondasi dari masyarakat yang sejahtera. “Saya berharap, dengan berbagai program hukum yang kita jalankan, masyarakat Palu dapat lebih memahami hak dan kewajibannya, sehingga Kota Palu tidak hanya tumbuh sebagai kota yang maju, tetapi juga sebagai kota yang sadar hukum,” ujar Supratman, saat hadir sebagai tamu kehormatan pada acara yang digelar di alun-alun kota, Jumat (27/9/2024).

Menkumham RI, Supratman Andi Agtas saat menyampaikan pentingnya kesadaran hukum di masyarakat saat perayaan HUT Ke-46 Kota Palu (Foto:Humas Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia)
Lebih lanjut Supratman menegaskan, beberapa program Kementerian Hukum dan HAM yang telah diluncurkan untuk mendukung peningkatan kesadaran hukum, di antaranya adalah penyuluhan hukum, pembentukan lembaga bantuan hukum, pendaftaran kekayaan intelektual, hingga pendaftaran badan hukum.

Ia menegaskan bahwa dukungan Kemenkumham akan terus berlanjut untuk membantu Kota Palu dalam menciptakan masyarakat yang taat hukum dan harmonis. “Kami akan terus mendukung Kota Palu dalam upaya menciptakan masyarakat yang paham akan hukum, agar dapat hidup harmonis dan berkontribusi dalam pembangunan daerah,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Supratman juga memberikan apresiasi kepada Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sulawesi Tengah, Hermansyah Siregar, atas berbagai prestasi dan inisiatifnya dalam memimpin program pemulihan hak korban HAM di masa lalu.

Menkumham Republik Indonesia, Supratman Andi Agtas Saat Hadiri Perayaan HUT K-46 Kota Palu (Foto:Humas Kementerian Hukum dan HAM)
Menurut Supratman, Kemenkumham Sulawesi Tengah telah menjadi pionir dan diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam meningkatkan kesadaran hukum dan pembangunan berkelanjutan. Acara HUT Kota Palu ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, mulai dari pejabat daerah, tokoh masyarakat, hingga pelajar. Selain acara resmi, peringatan tersebut juga dimeriahkan dengan kegiatan budaya serta pameran UMKM lokal, yang memperlihatkan kekayaan budaya dan potensi ekonomi masyarakat Kota Palu.

Pada penutupan acara, bantuan pendidikan diserahkan kepada ratusan siswa di Kota Palu, yang diharapkan dapat menjadi generasi penerus yang turut membangun dan memajukan kota di masa depan. (ZIK)



 

Posting Komentar

0 Komentar