Peningkatan Sinergi Pemerintah Daerah dan Media

(Foto:Humas Pemerintah Daerah dan Media, Diskominfo Kabupaten Sidoarjo)
Sidoarjo, KORANTRANSAKSI.com - Dalam Upaya Meningkatkan Sinergi Pemerintah daerah dan media, Diskominfo Kabupaten Sidoarjo menggelar acara Bimtek Insan Pers  tahun 2024 yang diadakan di Hotel Grand Whiz Trawas Kab. Mojokerto, Jum’at-Sabtu (20-21 September 2024).

Acara tersebut turut menghadirkan beberapa narasumber, di antaranya adalahKetua KPU Sidoarjo, Fauzan Adim, serta Dekan FISIP UPN Veteran, Dr Catur Suratnoaji S.Sos., M.Si. Keduanya memberikan wawasan mengenai peran media dalam menjaga demokrasi, khususnya dalam konteks penyelenggaraan Pemilu yang akan datang .

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sidoarjo, Dra Noer Rochmawati, dalam sambutannya menyampaikan sangatlah penting adanya  kolaborasi yang solid antara Pemerintah dan Media “Hari ini kita menggelar Bimtek bersama media yang ada di Sidoarjo, baik dari media online, cetak, maupun elektronik. Harapannya, adalah agar dalam kegiatan ini mampu meningkatkan profesionalisme dan pemahaman yang lebih baik antara pemerintah dan media dalam menyebarluaskan informasi yang akurat dan akuntabel kepada masyarakat,” tuturnya

Dalam Acara Tersebut Turut Hadir Asisten 1 Mahmud MM yang mewakili Plt Bupati Sidoarjo, H Subandi. Mahmud SH, MM selaku Kepala Administrasi dan Pembangunan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo yang  mewakili Plt Subandi ,  menyampaikan peran  media sangatlah penting dalam mengontrol jalannya pilkada.

“Peran media sangatlah penting dalam mengawal pembangunan kabupaten Sidoarjo. Khususnya menjelang Pilkada serentak tahun 2024. Kami berharap media juga bisa menjadi jembatan dan  edukasi kepada masyarakat secara transparan dan berimbang. Tentunya sesuai dengan UU pers no. 40 tahun 1999,” kata Mahmud dalam sambutannya.

Bimtek ini mendapat sambutan positif dari peserta yang hadir, mengingat pentingnya peran media dalam pembangunan daerah dan menciptakan  komunikasi yang sehat di tengah masyarakat. Sementara itu,  selaku narasumber " Dr Catur Suratnoaji menjelaskan, pemilu seringkali dianggap sebagai ajang perebutan kekuasaan. “Namun perlu diingat bahwa tujuan akhirnya adalah mendapatkan kepercayaan dan dukungan dari masyarakat,” jelasnya.

Selain itu masyarakat, media, dan pemerintah harus saling berkolaborasi untuk memastikan pemilu berjalan dengan lancar dan adil. Salah satu isu yang sering dibahas adalah peran media dalam politik. Di era digital seperti saat  ini, media massa baik cetak maupun elektronik  sangatlah  memiliki pengaruh yang  besar dalam membentuk opini publik. Namun banyak informasi yang beredar justru menyesatkan dan bersifat hoaks.

Hal ini menimbulkan kekhawatiran bagi  masyarakat karna sering kali dan sulit untuk  membedakan mana informasi yang benar dan mana yang hanya propaganda politik. Dan di  sinilah pentingnya masyarakat untuk lebih cerdas dalam menyaring informasi yang mereka dapat , agar tidak mudah termakan oleh berita bohong atau manipulasi politik yang tersebar luas di media sosial.

“Dalam konteks Pemilu, masyarakat dari berbagai generasi, mulai dari generasi 65-an hingga generasi milenial , memiliki hak dan tanggung jawab untuk memilih pemimpin yang akan membawa Indonesia ke arah yang lebih baik”, tuturnya.

Selanjutnya itu Ketua KPU Sidoarjo, Fauzan Adim di dalam sambutanya , mengatakan bahwa  salah satu tahapan yang  penting akan segera dilaksanakan adalah pengundian nomor urut pasangan calon (Paslon) yang akan berlangsung pada 23 September 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengkonfirmasi bahwa pengundian ini akan diadakan dengan sejumlah prosedur yang sangat ketat dan aturan yang harus diikuti. Pengundian nomor urut Paslon selalu menjadi momen penting dalam setiap Pemilu. Karena nomor urut akan menjadi identitas utama setiap calon selama masa kampanye.

Fauzan dalam keterangannya, menyatakan bahwa pengundian ini bukan hanya simbolik, tetapi juga bagian dari proses panjang untuk memberikan kesempatan yang adil. “Di sini saya juga sampaikan maaf saya, jika selama ini KPU Sidoarjo masih belum memadai untuk semua teman-teman media di Sidoarjo, tapi saya usahakan pada saat coffe morning mendatang saya akan ajak lebih banyak media agar bisa bersinergi lebih positif dalam penyampaian berita,” tuturnya.... (RK)

 

Posting Komentar

0 Komentar